PENERAPAN MODEL SAVI DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUNTEN DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG
Abstract
This aimed to describe the application of SAVI model and student learning outcomes in teaching dence class X sigeh pengunten IAI MAN 1 Model Bandar Lampung. The model used in this research was qualitative descriptive. Source of data in this study was a dance teacher amaunted to 38. The data adlecting technigues were observation, interviews, documentation, practice test, and non test. Implementation of the firs aplication of the SAVI Model formulated the goal to be achieved ; second, prepare the mens of learning ; third, notify SAVI learning that will be used ; sixth, gives the task ; seventh, evaluate learning outcomes. Ratings given by four aspects, namely, somatic,auditory, visual, intellectual and assessment of student learning activities. The result of learning outcomes slowed that the average of all aspects of the criteria gets better with an average value of 71.58.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model SAVI dan hasil belajar siswi dalam pembelajaran tari sigeh pengunten kelas X IAI MAN I Model Bandar Lampung. Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru seni tari dan 38.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik, dan nontes.Pelaksanaan penerapan model SAVI pertama, merumuskan tujuan yang harus dicapai. kedua menyiapkan sarana pembelajaran. ketiga memberitahukan pembelajaran SAVI yang akan digunakan. keempat memberitahukan materi pembelajaran yaitu tari Sigeh Pengunten. kelima memberikan kesempatan siswa bertanya. keenam memberikan tugas. ketujuh mengevaluasi hasil belajar.Penilaian diberikan melalui empat aspek yaitu, somatis, auditori, visual, intelektual dan penilaian aktivitas belajar siswa. Hasil pembelajaran menunjukan bahwa rata-rata dari seluruh aspek mendapatkan kriteria baik dengan rata-rata nilai 71,58.
Kata kunci : model SAVI, tari sigeh pengunten, penilaian
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 1994. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta :Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta Selatan: Bumi Aksara
Meir, Dave. 2003. The accelerated learning handbook. Bandung: PT Kaifa
Mustika, I Wayan.2012. Tari Muli Siger. Anugrah Raharja (AURA): Lampung
Sugiono. 2013. Metode penelitian kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Seni dan Pembelajaran