Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Jaringan Komputer Materi Subnetting pada Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Universitas Rokania

Irwan Hidayat, Sri wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas pengembangan bahan ajar mata kuliah jaringan komputer materi Subnetting pada mahasiswa pendidikan teknologi informasi (PTI) Universitas Rokania Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 langkah, yaitu analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun hanya sampai pada tahapan development (pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan bahwa E-modul yang dikembangkan memperoleh nilai 3,83 untuk validasi ahli materi termasuk dalam kategori sangat valid dan validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 3,87 termasuk kategori sangat valid digunakan sebagai media pembelajaran untuk matakuliah jaringan komputer pada materi subnetting.

 


Full Text:

PDF

References


Dewanto, S. A., Marpanaji, E., Mahali, M. I., Hasanah, N., & Wulandari, B. (2018). Penerapan Problem Based Learning Untuk Higher Order Thinking Skills Pada Siswa Pendidikan Teknik Informatika. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(1), 52–62. https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.19779

Ernica, S. Y., & Hardeli. (2019). Validitas dan praktikalitas e-modul sistem koloid berbasis pendekatan saintifik. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 1(4), 812–820. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/134

Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1763

Iskandar. A, P., Interaktif, P., Siswa, U., Rekayasa, K. X., Lunak, P., & Iskandar, A. (2018). library .uns.ac.id digilib.uns.ac.id.

Mahfuddin, T., Sesunan, F., Karolina Sagala, M., & Firdaus, R. (2022). Pengembangan E-Modul Dengan Model Discovery Learning Berbantuan Fliphtml5 Materi Fungsi Dan Unsur Warna Cmyk Dan Rgb Untuk Kelas X Multimedia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan, 4(1), 1–10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPVTI/index

Maulita, Y. (2018). PELATIHAN TEKNISI JARINGAN INTERNET UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK (IbM). Jurnal Teknik Informatika Kaputama, 1(2), 2014–2018.

Mesiono, M., Handoko, H., Siregar, A. H., & Hamdan, H. (2023). Peran Strategis Teknologi Informasi dan Komunikasi di STIT Al-Ittihadiyah Labuhan Batu Utara. Journal on Education, 5(3), 8362–8375. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1624

Mohammad Imron, Dwi Krisbiantoro, & Primandani Arsi. (2021). Peningkatan Kompetensi Bagi Siswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Jaringan Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 1 Karanglewas Purwokerto.

Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 545–551. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.3993

muhammad Fajar Firdaus, Harja SantanaPurba, & Muhammad Hifdzi Adini. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hypermedia Dalam Pembelajaran Pengalamatan Ip Dengan Metode Drill and Practice. Computer Science Education Journal (CSEJ, 2(1), 13–18.

Prieska Nanda Anisafitri, Purna Bayu Nugroho, K. B. D. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII 1Prieska.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id