Analisis Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Materi Kehidupan Pada Masa Pra Aksara di Indonesia Pada Siswa SMP Kelas 7

Cahya Putri Rahmadhani, Dhio Febriansyah Lubis, Kiki Renhardi Napitupulu, Ruth Sahana Manalu, Tumiar Sidauruk

Abstract


Agar guru bisa menentukan cara  mengajar yang tepat dan efektif dalam pembelajaran maka guru harus mendapat dukungan berkelanjutan untuk dapat menyempurnakan strategi pembelajaran yang diterapkan.Adapun kurikulum yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta kefektifan dalam  proses pembelajaran agar berjalan sesuai dengan tujuannya. Siswa dapat mencapai tujuannya berupa keterampilan, kemampuan, dan kompetensi yang diperolehnya atas hasil proses pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai siswa SMP adalah mata pelajaran IPS. Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang sangat penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dalam perkembangan saat ini, materi-materi yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial (IPS) sudah melekat pada diri siswa yang dimana mata pelajaran tersebut akan diintegrasikan ke dalam kehidupan siswa sejak dini. Dalam pembahasan kali ini, berdasarkan data yang ada dan hasil observasi yang kami lakukan pada sebagian siswa bahwa sebagian siswa kelas VII SMP belum memahami permasalahan kehidupan pra-keaksaraan di Indonesia. Dan dari hasil data observasi juga menunjukkan bahwa siswa SMP VII kurang tertarik mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial. Berdasarkan fakta di lapangan, tidak dapat diketahui secara pasti apa yang menyebabkan siswa menjadi tidak tertarik mempelajari kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia. Oleh karena itu, kami sebagai penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: Analisis rendahnya minat belajar siswa pada materi kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia pada siswa SMP kelas 7.


References


Astuti, F., Idris, M., & Sholeh, K. (2021). Analisi tingkat minat siswa pada mata pelajaran Sejarah dan Budaya Palembang di SMA N 15. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 77-82.

Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Peran Multimedia dalam prosen pembaelajaran untuk menungkatkan minat belajar pada siswa. Amaliah: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(2), 349-353.

MUNTHE, E. B. (2021). Analisis Dampak Antara Minat dan Hasil belajar Siswa Kelas V SD Inpres No. 097375 Tigaraja Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI).

Simanjuntak, N. (2018). Dampak Kepribadian Guru Terhadap Proses Pembelajran Khususnya Pada Bidang Studi Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Adiankoting Tahun Ajaran 2018/2019.

Umar, M. (2016). Mengetahui Dampak Penggunaan Media Komis dalam Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar (Penelitian Tindakan Kelas VII A dan VII B di SMP Terpadu Baiturrahman Bandung) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id