Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Berbantuan Articulate Storyline pada Materi Perakitan Komputer

Wartariyus Wartariyus, Margaretha Karolina Sagala, Rangga Firdaus, M Ferdiansyah A.L.D

Abstract


Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis web berbantuan Mengartikulasikan alur cerita pada materi Perakitan Komputer. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengadopsi model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Lahat, khususnya pada siswa kelas X jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT). Teknik analisis data yang digunakan adalah evaluasi terhadap kevalidan dan kepraktisan produk melalui penggunaan angket yang dinilai oleh ahli media, ahli materi, siswa, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kevalidan produk dari ahli media mencapai 3,68 dengan kategori sangat valid, sedangkan penilaian dari ahli materi mencapai 3,67 dengan kategori sangat valid. Uji coba kepraktisan produk, yang ditinjau dari respon siswa, menghasilkan nilai persentase sebesar 89,49% dengan kategori sangat praktis, sementara persepsi guru mencapai nilai persentase sebesar 93,92% dengan kategori sangat praktis juga. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa pada materi Perakitan Komputer dengan lebih baik dan menarik.

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. 2022. Pengembangan Media Articulate storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan untuk Siswa SMP. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 81-89.

Anshori, S. 2018. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. 2020. The Development of Web-Based Learning Using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 3(2), 89-98.

Devega, A. T., & Suri, G. P. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa SMK. Engineering and Technology International Journal, 1(01), 11-18.

Hadi, B. 2021. Fenomena Learninng Loss pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia: Learning Loss. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4).

Hidayah, N., Nafitri, S. E., Zaky, F., & MZ, A. S. A. 2023. Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate storyline Sebagai Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 83-91.

Mudinillah, A. 2019. Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2), 248-258.

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. 2021. Tahap Definisi dalam Four-D Model pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23-33.

Mursid, R. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi lnformasi dan Komunikasi dalam Pendidika, 5(2), 210-221.

Paramarta, G. A. H., Santo Gitakarma, M., & Santiyadnya, N. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), 59-67.

Rahmania, M. D., Fatah, A., & Anriani, N. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Web Articulate storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 653-665.

Ratumanan, T.G., & Laurens, T. 2011. Evaluasi hasil yang relevan dengan kurikulum berbasis potensi.

Rianto, R. 2020. Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84-92.

Romadiningsih, R. D. 2019. Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire pada Pokok Bahasan Laju Reaksi. (Disertasi doktoral, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru).

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate storyline pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253.

Subono, S., Hidayat, A., & Fitrawan, A. A. 2017. Rancang Bangun Media pembelajaran Perakitan Komputer berbasis Android untuk keterampilan komputer di SMK NU Rogojampi. SNITER, 1(1).

Zainuddin, Mustikawati, M., & Suyidno, S. 2012. Pengembangan Modul Fisika Bumi-Antariksa untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unlam. Vidya Karya, 27(1), 63-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id