Pembelajaran Seni Berbasis E-Learning di Era Digital
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh e-learning dalam pembelajaran Seni di era digital. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengertian e-learning, karakteristik e-learning, mengidentifikasikan bagaimana pembelajaran Seni dalam e-learning, mengetahui fungsi e-learning, mengetahui kelebihan dan kekurangan e-learning, dan mengetahui apa saja aplikasi pendukung e-learning. Jenis penelitian ini berupa studi pustaka. Teknik penulisan dalam penelitian ini yaitu dengan cara mengumpulkan data atau mencari data atau hal-hal yang berhubungan dengan variabel berupa catatan, jurnal, dan buku. Hasil penelitian ini dapat menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran semakin efektif dan efisien dengan adanya e-learning. Pembelajaran Seni dalam e-learning sangat membantu pendidik dan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Peserta didik dapat mengakses materi pelajaran dalam bentuk daring serta membuat siswa termotivasi dalam belajar.
Full Text:
PDFReferences
Awal, T., Akhir, T., Kesenian, P., di Padepokan, G., Dongdo, D., Dongdo, P. D., & Data, P. (2010). Metodelogi penelitian.
Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis e-learning di era digital. Prosiding Samasta.
Azizah, A. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling naratif (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Belawati, I. T. (2021). Sistem Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Fawaiz, S., Suryadi, A., Tazkiyah, A., Darmawan, A., & Nurhidayah, K. (2021). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BERBASIS HYBRID DENGAN MENGGUNAKAN E-LEARNING UNTUK GURU FISIKA SMA DI SITUBONDO SELAMA MASA PANDEMI. Sarwahita, 18(01), 106-120.
Hamzah, R. E. (2015). Penggunaan Media Sosial di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(1), 45-70.
Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68-73.
Khan, B. H. (Ed.). (2005). Managing e-learning: Design, delivery, implementation, and evaluation. IGI Global.
Nora, E., Bukhori, I., Suputra, I. N., & Sinarti, T. (2023). WORKSHOP EDUKASI MEDIA E-LEARNING KREATIF DAN INTERAKTIF DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN SECARA ONLINE DAN OFFLINE BAGI GURU-GURU SMP NEGERI 2 TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO. Journal Community Service Consortium, 3(1).
Nurmalena, N., Ernawita, E., Arnailis, A., & Elizar, E. (2023). Revolusi Pendidikan Seni: Seni Pertunjukan Tari dan Musik dalam Era Teknologi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 5(2).
Nurwita, S. (2020). Meningkatkan perkembangan seni anak menggunakan media smart hafiz di paud aiza kabupaten kepahiang. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 34-37.
Panda, L., Wijayanti, R., & Asmah, A. (2019, December). Meningkatkan Kemampuan Mengekpresikan Karya Seni Gambar Dengan Teknik Grafito Pada Peserta Didik Kelompok A Tk Trisula I Perwari Singosari Kabupaten Malang. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan (Vol. 3, pp. 996-1002).
Purwitasari, E. D. (2023). Model Pembelajaran Pair Check untuk Keterampilan Menulis Siswa SD/MI. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(2), 213-222.
Puspa, P. I. S., Waspodo, W., & Alfitri, A. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERBASIS E-LEARNING DI ERA DIGITAL. Sosiologis: Kajian Sosiologi Klasik, Modern dan Kontemporer, 1(03), 14-19.
Pustikayasa, I. M., Permana, I., Kadir, F., Zebua, R. S. Y., Karuru, P., Husnita, L., ... & Suryani, I. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: Panduan Praktis Teknologi di Ruang Belajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sanusi, E. N., & Haryadi, R. (2022). STUDI LITERATUR METODE PYTHAGORAS DALAM PENYELESAIAN SOAL-SOAL TEORI RELATIVITAS KHUSUS EINSTEIN. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 242-244.
Satrianingsih, A. R. O. (2021). Pengaruh media pembelajaran interaktif tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 9-16.
Sharipuddin, S., Effiyandi, E., & Febryanto, D. (2019). Perancangan Aplikasi E-Learning Pada Mts Negeri 1 Merangin. J. Process, 14(1), 74-88.
Solissa, E. M., Lilis, L., Utami, A. T. B., Anggraini, R., & Mere, K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran E-Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Journal On Teacher Education, 5(1), 327-333.
Suratno, S. (2023, May). Pendidikan Digital untuk Pendidikan Masa Kini dan Masa Depan. In Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 02).
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id