Media Pembelajaran Berbasis Android Mari Belajar Pengolahan Hasil Perikanan “MAPSIN”

Arya Dwi Shaputra, Ahmad Satibi, Himawan Prasetiyo

Abstract


Mapsin adalah Mari Belajar Pengolahan Hasil Perikanan merupakan media pembelajaran mata pelajaran di bidang pengolahan hasil perikanan. Media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran supaya proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan lancar, agar siswa tidak merasa bosan, pembelajaran lebih menarik. Salah Satu media pembelajaran berbasis Android merupakan inovasi di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pemahaman konsep peserta didik di bidang pengolahan hasil perikanan baik itu pengetahuan maupun keterampilan. Media Pembelajaran ini didesain supaya dapat dipahami oleh peserta didik dengan adanya media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode DBR (Design-Based Research) yang bertujuan untuk mendapatkan teori dan praktik baru yang menghasilkan proses pembelajaran yang alami. Hasil penelitian berupa aplikasi media pembelajaran MAP-SIN berbasis Android-Based yang telah dilakukan pengujian kepada 15 mahasiswa melalui teknik purposive sampling dengan memperhatikan aspek pengujian usability dan functionality aplikasi untuk menghasilkan produk yang mudah digunakan serta fungsi yang berjalan sesuai konsep.

References


Arliza, R., Setiawan, I., & Yani, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Budaya Nasional Dan Interaksi Global Pendidikan Geografi. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 77-84.

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3011-3024.

Isroqmi, A. (2015). "Pemilihan Software Aplikasi Untuk Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus: Aplikasi PowerPoint).". jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Jeumpa Dwiyana, J. D. (2019). MODEL PEMBELAJARAN SIGHT SINGING MELALUI SOLFEGIO MENGGUNAKAN PENDEKATAN MUSIK ROCK DI PROGRAM STUDI SENI MUSIK UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan memahami teks prosedur siswa kelas vii. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 269-278.

Kinanti, N., Zanatullaila, M., Utari, G., Satibi, A., & Rudi, M. (2022, December). KELAYAKAN LINKTREE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI CARA PRODUKSI PANGAN YANG BAIK (CPPB). In Indonesian Conference of Maritime (Vol. 1, No. 1, pp. 70-79).

Lestari, A., Saepulrohman, A., & Hamdu, G. (2016). Pengembangan soal tes berbasis hots pada model pembelajaran latihan penelitian di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 74-83.

Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0-5.

Mukhopadhyay, SC, & Suryadevara, NK (2014). Internet of things: Tantangan dan peluang (hlm. 1-17). Penerbitan Internasional Springer.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Pandey, V., Sircar, A., Bist, N., Solanki, K., & Yadav, K. (2023). Accelerating the renewable energy sector through Industry 4.0: Optimization opportunities in the digital revolution. International Journal of Innovation Studies, 7(2), 171-188.

Pradana, Y. S. (2020). Menelisik Tren Peningkatan Pengguna Internet di Indonesia. goodnewsformindonesia. id. Available at: Menelisik Tren Peningkatan Pengguna Internet di Indonesia (Accessed: 2 June 2021).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Satibi, A. (2020). TAHAPAN DESAIN ANDROID BASED TEST PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KELAUTAN DAN PERIKANAN. Jurnal Kemaritiman Indonesia Journal of Maritime, Vol.1 No.2.

Satibi, A., Rudi, M., Aprinaldo, A., & Ikmaludin, A. B. (2023). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android “Lectora Inspire”. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 3(1), 1-11.

Satibi, A., Kustiawan, I., & Komaro, M. (2019, February). The Influence of Learning Models and Motivation Learning on Motorbike Mechanic Competence in Motorcycle Engineering Training in Bandung District. In 5th UPI International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET 2018) (pp. 427-430). Atlantis Press.

Satibi, A., Tarigan, D. J., Aprinaldo, A., Ikmaludin, A. B., Arifin, W. A., & Nugraha, H. D. Series of Digital Based Material as Innovation for Marine and Fisheries Education Learning Media. INVOTEC, 18(2), 126-137.

Triana, L., Aprinaldo, A., Ikmaluddin, A. B., Satibi, A., & Cahyadi, F. D. (2022, December). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENDEDERAN. In Indonesian Conference of Maritime (Vol. 1, No. 1, pp. 59-69).

Wahyono, H. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam penilaian hasil belajar pada generasi milenial di era revolusi industri 4.0. Proceeding of Biology Education, 3(1), 192-201.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id