Implementasi Metode Bermain Peran Menggunakan Video dalam Kurikulum Merdeka di PAUD

Arief Qosim, Ade Vidianti, Eriyanti Eriyanti, Heni Rita Susila

Abstract


Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, implementasi metode bermain peran menggunakan video dalam kurikulum merdeka oleh guru di PAUD Se-Kecamatan Baturaja Barat untuk indikator tahap persiapan atau pemanasan diperoleh rata-rata persentase 82,00% dengan kategori baik, tahap memilih pemain diperoleh rata-rata persentase 77,5% dengan kategori baik, tahap menata panggung (ruang kelas) diperoleh rata-rata persentase 73,89% dengan kategori cukup, tahap menyiapkan pengamat diperoleh rata-rata persentase 78,75% dengan kategori baik, tahap memainkan peran diperoleh rata-rata persentase 77,08% dengan kategori baik, tahap diksusi dan evaluasi diperoleh rata-rata persentase 70,56% dengan kategori cukup, tahap bermain peran ulang diperoleh rata-rata persentase 71,67 dengan kategori cukup, tahap diskusi dan evaluasi ke-2 diperoleh rata-rata persentase 71,67% dengan kategori cukup, tahap berbagi pengalaman dan kesimpulan diperoleh rata-rata persentase 76,67% dengan kategori baik. Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi metode bermain peran menggunakan video dalam kurikulum merdeka oleh guru di PAUD Se-Kecamatan Baturaja    Barat    masuk    pada    kriteria    cukup    dengan persentase 75,53%.

Kata kunci: Bermain Peran, Merdeka Belajar, Video Pembelajaran, PAUD, Strategi  Belajar 


Full Text:

PDF

References


Agus Saputra, Sri Yunimar Ningsih, & Dasniati Z. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Gender and Society Journal, 4(1 SE-Articles). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/view/55323

Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. PT Pustaka Setia.

Elisa, P. O. S., & Hazizah, N. (2019). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Pengembangan Emosional Anak Usia Dini dalam Proses Pembelajaran.

Halida. (2011). Metode Bermain Peran dalam Mengoptimalkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini (4-5 tahun). Cakrawala Kependidikan, 9(1), 27–34. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/download/270/275

Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Pakusari Kabupaten Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 3(1), 27–34.

Kemendikbud: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2023). Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/komunitas-pembelajar/guru-kreatif/manfaat-penggunaan-media-pembelajaran?ref=MjAyMTA4MDUxNDA1MDktMzQwZjc3ZWQ=&ix=Mi0yNzUzY2RjMw==

Masitoh. (2007). Strategi Pembelajaran TK. Universitas Terbuka.

Mulyati, I., Yuniarni, D., & Miranda, D. (n.d.). Pelaksanaan Metode Bermain Peran. 1–14.

Mulyono. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. PT.Rineka Cipta.

Ningsih, L., & Kurniah, N. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B Di PAUD RA Kartini Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(2), 2022.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. BPEE.

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812

Putri, R. D. (2019). Budaya Adil Gender Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 48. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2802

Rahmadani, K., & Masamah, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 5(1).

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Rizky. (2013). Kelebihan dan Kekurangan Metode Bermain Peran. https://pedulidenganmenulis.blogspot.com/2013/02/kelebihan-dan-kelemahan-metode-bermain.html

Santoso, A. (2011). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian.

Siam, D. N. B. (2022). Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di Masa Pandemi. 2, 1366–1376.

Sudirman, D. (2013). Kesesuaian antara Persiapan Mengajar dengan Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru IPA SMP Negeri Se Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Simbiosa, 2(2), 61–65. https://doi.org/10.33373/sim-bio.v2i2.708

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susila, H. R., & Qosim, A. (2022). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Untuk Mahasiswa FKIP. Syiah Kuala University Press.

Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id