Modul E-Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran Pada Siswa SMK N 4 Rambah Kelas XI Jurusan TKJ

Rina Wati, Agung Setiawan

Abstract


The problem in this research is that the learning carried out is still conventional, so it does not support this learning. The aim of this research is to look at e-learning modules as supporting learning at SMKN 4 Rambah. This research uses research and development methods. The sample in this research was students of SMKN 4 Rambah Class XI TKJ Department. The data collection technique in this research is using questionnaires. The results of the answers to the questionnaire above, from 30 people with a total of 45 questions answered, of which one question has a value of 1 if the answer is yes and 0 if the answer is no, from these results we get an interval class of 20 – 24 with 3 people or 10%, 25 – 29 with 5 people or 17%, 30 – 34 with 15 people or 50%, 35 – 39 with 4 people or 13%, 40 – 44 with 3 people or 10%. The conclusion in this research is that students of SMKN 4 Rambah class.

 

Kata Kunci: Modul E-Learning, Penunjang Pembelajaran,Siswa Kelas XI TKJ


Full Text:

PDF

References


Arifannisa, Yuliasih, M., Hayati, Sepriano, Adnyana, I. N. W., Putra, P. S. U., & Pongpalilu, F. (2023). Sumber dan Pengembangan Media Pembelajaran (M. K. Efitra, S.Kom. (ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arifin, S. F. A. (2023). Pembelajaran e-learning sebagai pelaksanaan merdeka belajar siswa sekolah dasar abad 21 1. Indonesian Journal Education Basic, 01(01), 1–12.

Budiman, A., Arifin, A., & Marlianto, F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada SMK di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556

Dea Duiga Febra Tiara Alda, H. (2023). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan E-learning Terhadap Prestasi kademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) FIPP Tahun akademik 2021. Jurnal Transformasi, 9(1), 9–15.

Ikrom, Z., & Rosnelli. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran dengan memanfaatkan E_Learning pada Pembelajaran Instalasi Penerangan ListrikPengembangan Media Pembelajaran dengan memanfaatkan E_Learning pada Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4693–4699. https://doi.org/10.46574/mted.v3i1.79

Indarti, Hidayat, F. N., Tamimuddin, M., Efendi, R., Prayitno, W., & Nurul K., M. (2015). E-Learning untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Manggala, E., Asrori, M., & Astuti, I. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Pembeljaan Khatulistiwa (JPPK), 7(2), 1–7.

Muazizah, N. M., Nurhayati, S., & Cahyono, D. E. (2016). Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis Moodle Berpendekatan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1760–1768.

Rahman, D., Suyasa, P. W. A., & Wahyuni, D. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Informatika. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 13. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.31092

Ridha Mafaza, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Di Smk Negeri 3 Bojonegoro. Jurnal IT-Edu, 1(1), 129–136.

Saputra, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Website Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Konsep Dasar-Dasar Teknik Digital di Smk Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elekro, 6(3), 279–285.

Sharfina, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran Prakarya Kewirausahaan Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional, 4(2), 129–148. https://doi.org/10.21009/jptv.4.2.129

Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). Media E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605–610. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36253/32246

Suartama, I. K. (2014). E-learning: Konsep dan aplikasinya. Universitas Pendidikan Ganesha, November, 1–200.

Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. Edisi Kedua. UNY Press, 1–186.

Susanti, W., & Jalinus, N. (2018). Analisis Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Teknologi. JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 2(2), 49–56.

Winna Dharmayanti, & Nurcahyo, R. W. (2021). Analisis dan Perancangan E-Learning Adaptif di Sekolah Menengah Kejuruan. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i1.2544

Yusuf, A. R. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Penunjang. Seminar Nasional Telekomunikasi Dan Informatika (SELISIK 2016) Bandung, Selisik, 225–229.

Zulfiati, H. M., Djufri, E., & Ardhian, T. (2021). Pengembangan E-Learning Schoology Pada Masa Pandemi Covid-19 Di PGSD FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 579–592. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9130




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id