Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Matakuliah Praktikum Algoritma Pemograman : Desain Model Pembelajaran BerAKHLAK

Fadhli Ranuharja, Ambiyar Ambiyar, Unung Verawrdina, Afif Rahman Riyanda, Emilham Mirshad, Erni Marlina Binti Saari

Abstract


Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi faktor penting dalam menilai kinerja perguruan tinggi negeri (PTN) khususnya IKU 7. Pentingnya persentase matakuliah yang menggunakan model PjBL dan model Case Method diharapkan dalam upaya mencapai tujuan tersebut. Departemen Teknik Elektro melakukan serangkaian sosialisasi untuk merencanakan dan merancang perangkat PjBL, termasuk di matakuliah Algoritma Pemrograman. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang perangkat pembelajaran Prak Algoritma dan Pemrograman dengan konsep PjBL, yang juga menanamkan nilai-nilai BerAKHLAK. Nilai-nilai BerAKHLAK, yaitu Berorientasi Layanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, bukan hanya diterapkan oleh ASN, tetapi juga dapat diterapkan di kelas kepada pendidik dan siswa. Penelitian ini merupakan bagian dari pengembangan model pembelajaran PjBL pada matakuliah Prak Algoritma Pemrograman, dengan fokus pada tahap desain. Tahapan penelitian dimulai dengan pengumpulan data dan literatur, penyusunan capaian pembelajaran, penyusunan indikator penilaian, pemilihan metode pembelajaran, dan terakhir, finalisasi Rancangan Pembelajaran Semester berbasis PjBL. Setiap langkah yang diambil mempertimbangkan nilai-nilai BerAKHLAK, baik bagi pendidik maupun peserta didik

Full Text:

PDF

References


Beier, M. E., Kim, M. H., Saterbak, A., Leautaud, V., Bishnoi, S., & Gilberto, J. M. (2019). The effect of authentic project-based learning on attitudes and career aspirations in STEM. Journal of Research in Science Teaching, 56(1). https://doi.org/10.1002/tea.21465

Beng, J. T., -, K., Solikhah, N., Idulfilastri, R. M., Roesmala Dewi, F. I., Bella, M., Perlita, N., & Tiatri, S. (2022). DAMPAK IMPLEMENTASI MBKM PADA KOGNITIF MAHASISWA UNIVERSITAS X: REKOMENDASI PENINGKATAN MBKM DI PTS. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1). https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.16077.2022

Čavić, M. R., Stanisavljević, J. D., Bogdanović, I. Z., Skuban, S. J., & Pavkov-Hrvojević, M. V. (2022). Project-Based Learning of Diffusion and Osmosis: Opinions of Students of Physics and Technology at University of Novi Sad. SAGE Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440211069147

Chaudhuri, B., Perlmutter, L., Petelka, J., Garrison, P., Fogarty, J., Wobbrock, J. O., & Ladner, R. E. (2019). GestureCalc: An eyes-free calculator for touch screens. ASSETS 2019 - 21st International ACM SIGACCESS Conference on Computers and Accessibility. https://doi.org/10.1145/3308561.3353783

Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. In Educational Research Review (Vol. 26). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.11.001

Fajri, B. R., Samala, A. D., & Ranuharja, F. (2020). MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN BAHASA ISYARAT BISINDO. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.293

Firdaus, T. A., Putra, R. H., Arifandi, F., Anam, M. K., & Lathifah, L. (2023). IMPLEMENTASI SISTEM RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER BERBASIS WEB UNTUK MEMPERMUDAH PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Teknoinfo, 17(1). https://doi.org/10.33365/jti.v17i1.2348

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Hardianto, M., Rachmat, A. Z., & Jasma, S. (2021). Manajemen Pemberdayaan Bidang Ekonomi di Masjid Baitul Atieq. Journal Of Lifelong Learning, 4(2). https://doi.org/10.33369/joll.4.2.126-132

Indarta, Y., Ranuharja, F., Ashari, I. F., Sihotang, J. I., Simarmata, J., Harmayani, H., Algifari, M. H., Muslihi, M. T., Mahmudi, A. A., Fatkhudin, A., & others. (2022). Keamanan Siber: Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Yayasan Kita Menulis.

Krishnapatria, K. (2021). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) curriculum in English studies program: Challenges and opportunities. ELT in Focus, 4(1).

Lindner, P., Ramnerö, J., Ivanova, E., & Carlbring, P. (2021). Studying Gambling Behaviors and Responsible Gambling Tools in a Simulated Online Casino Integrated With Amazon Mechanical Turk: Development and Initial Validation of Survey Data and Platform Mechanics of the Frescati Online Research Casino. Frontiers in Psychiatry, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2020.571954

Long, H. M., & Bouck, E. C. (2023). Calculators and Online Games: Supporting Students With Learning Disabilities in Mathematics. Intervention in School and Clinic, 58(4). https://doi.org/10.1177/10534512221093787

Mulyati, Y. S. (2017). KONSEP SISTEM INFORMASI. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.17509/jap.v3i1.6095

Nurdin, S. (2019). Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.305

Nyoto, N. (2021). EKSPLORASI KINERJA DOSEN MELALUI TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4). https://doi.org/10.35145/procuratio.v9i4.1792

Putri, H., Rini, F., & Pratama, A. (2022). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web. Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 2(1). https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v2i1.138

Ranuharja, F., Fajri, B. R., & Samala, A. D. (2020). SISTEM PELAYANAN BANTUAN MENTOR BIMBINGAN BELAJAR (BAMBIMBEL) BERBASIS WEB. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.291

Ranuharja, F., Ganefri, G., Fajri, B. R., Prasetya, F., & Samala, A. D. (2021). DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA EDUGAME USING ADDIE MODEL. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.24036/tip.v14i1.412

Santri Fahmi, S. F. S. F. (2022). Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(2). https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.70

Saputra, R. M. I., Yusnedi, Triyono, A., Apriansyah, R., Hermanto, Hairudin, A., Ningsih, F., Corrina, F., & Ririen, D. (2022). Workshop Merancang Metode Pembelajaran Berbasis Case Method dan Team Based Project. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, Dan Sosial Humaniora (e-ISSN: 2809-3917), 2(1). https://doi.org/10.37859/abdimasekodiksosiora.v2i1.3510

Septiawan, R., Firmansyah, R., Sanjaya, A. R., Adhirajasa, U., Sanjaya, R., Aset, M., & Barang, P. (2020). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset Peminjaman Barang Berbasis Web Pada PT Motion. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 1(1).

Taradilaga, D., Arslan, A. S., Wahyudi, I., & Azis, A. (2019). Tool Store Pintar Sebagai Solusi Dalam Manajemen Peminjaman Barang Berbasis Online Di Workshop Alat Berat. Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta.

Triandi Putra, F. A. D. (2022). Rancangaan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Pengelolaan Data Transaksi Nasabah Pada Perusahaan Pegadaian. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 11(1). https://doi.org/10.35889/jutisi.v11i1.821

Tsybulsky, D., & Muchnik-Rozanov, Y. (2019). The development of student-teachers’ professional identity while team-teaching science classes using a project-based learning approach: A multi-level analysis. Teaching and Teacher Education, 79. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.12.006

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education, 8(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wall, H., Berman, A. H., Jayaram-Lindström, N., Hellner, C., & Rosendahl, I. (2021). Gambler clusters and problem gambling severity: A cluster analysis of Swedish gamblers accessing an online problem gambling screener. Psychology of Addictive Behaviors, 35(1). https://doi.org/10.1037/adb0000674

Wu, T. T., & Wu, Y. T. (2020). Applying project-based learning and SCAMPER teaching strategies in engineering education to explore the influence of creativity on cognition, personal motivation, and personality traits. Thinking Skills and Creativity, 35. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100631




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F29034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id