Evaluasi Implementasi Pembelajaran Online Dengan CIPP Model Pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Lutfiah Agustin Hidayah, Undang Rosidin, Margaretha Karolina Sagala, Rangga Firdaus

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem pembelajaran daring ditinjau dari konteks (context), masukan (input), proses (process), dan hasil (product) pada Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner (angket), wawancara, observasi dan dokumentasi. Kuesioner (angket) disusun berdasarkan model evaluasi CIPP yaitu Context, Input, Process, dan Product dengan menggunakan skala likert yaitu dengan lima alternatif jawaban. Berdasarkan hasil Tingkat Pencapaian Responden (TPR), indikator context evaluation rata-rata 85,49 kategori baik, input evaluation rata-rata 85,49 kategori baik, indikator process evaluation rata-rata sebesar 85,49 kategori baik, dan indikator product evaluation rata-rata sebesar 87,64 kategori baik. Sehingga, sistem pembelajaran daring harus selaras dengan kebutuhan Program Studi Pendidikan Profesi Guru termasuk memahami karakteristik mahasiswa, kurikulum program, dan infrastruktur teknologi yang tersedia.  Sistem pembelajaran daring harus mencakup mekanisme evaluasi dan pemantauan yang efektif untuk mengukur kemajuan mahasiswa. Ketersediaan dan keandalan infrastruktur teknologi harus diperhatikan seperti akses internet, platform pembelajaran daring, dan perangkat keras pendukung lainnya.

Full Text:

PDF

References


Adi, N. H., Riyanda, A. R., Sagala, M. K., Ambiyar, A., Islami, S., & Zaus, M. A.(2022). Analysis of Lecturer Performance in the Application of The Online Learning Process. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 8(1), 144150.

Andriani, T. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117-126.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktisi pendidikan.

Arikunto, Suharsimi, Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis, Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Carbonell, K. B., Dailey-Hebert, A., & Gijselaers, W. (2013). Unleashing the creative potential of faculty to create blended learning. The Internet and Higher Education, 18, 29-37.

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid19 pada perguruan tinggi keagamaan katolik. Edutech, 19(3), 189-210.

Doyok, R. (2021). Model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program tahfiz selama daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 73-82.

Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1).

Handayani, T., Nurmalisa, Y., & Halim, A. (2019). Persepsi Mahasiswa Program Studi PPKn Universitas Lampung terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(2).

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tantangan dan peluang pembelajaran dalam jaringan: studi kasus implementas elok (E-Learning: Open for knowledge sharing) pada mahasiswa profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5, 24-28.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan peluang pendidikan tinggi dalam masa dan pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1).

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Marta, R. (2018). Evaluasi Implementasi Pembelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengolahan Informasi (KKPI) Kpi Berbasis E-Learning. Jurnal teknologi informasi dan pendidikan, 11(1), 43-56.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta.

Muryadi, Agustanico Dwi. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN : 2442-3874 Vol.3 No.1

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Prayogo, D. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Lulusan Pendidikan Profesi Guru (Ppg) Di Sdn Godog (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Riyanda, A. R., Ambiyar, A., Syahril, S., Fadhilah, F., Samala, A. D., Adi, N. H., & Aminuddin, F. H. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 66-71.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon mahasiswa pada pembelajaran daring bagi mahasiswa mata kuliah pengantar hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12.

Sudjana, D. (2008). Evaluasi Program PLS untuk Pendidikan Nonformal Pengembangan SDM. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33.

Vaughan. N,. (2007). Perspectives on Blended Learning in Higher Education.Internasional Journal on E-Learning. Vol.6, No.1 (2007), 81–94




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F28931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id