Penerapan Game Edukasi untuk Mengenal Tokoh Pemimpin Bangsa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN 003 Bangun Jaya Tambusai Utara

Detri Amelia Chandra

Abstract


This research aims to implement the educational game "Guess Who I Am" with the theme "Leaders of Indonesia" in the third-grade class of SDN 003 Bangun Jaya Tambusai Utara to enhance students' understanding of the nation's leaders. The research methodology combines quantitative and qualitative approaches, utilizing data collection through observation, quiz analysis, and interviews. The results indicate a significant improvement in students' interest, motivation, and understanding of historical content, along with the development of logical and social skills. The implication is that the use of educational games can be an effective strategy to enhance history learning at the elementary level, providing a positive boost to student interest and stimulating the development of cognitive and social skills.


Keywords: Application, Educational Games, Learning, National Leaders


Full Text:

PDF

References


Al Irsyadi, F. Y., & Rohmah, A. N. (2017). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Game Edukasi Bagi Anak Autis Tingkat Sekolah Dasar Di Rumah Pintar Salatiga. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 91–98. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.837

‘Ammar, M. F. E., Priyawati, D., Al Isyadi, F. Y., & Pamungkas, E. W. (2023). Development of Southeast Asian Geographic Introduction Education Game for Elementary School. Edu Komputika Journal, 9(2), 88–96. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v9i2.62494

Anugrah Sari, Ikhwan, M Said, & Gusnawaty Gusnawaty. (2022). Tindak Tutur Presiden Jokowi yang Terpilih pada Media Sosial Twitter. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 256–269. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1718

Bhakti, D. D. (2017). Game Edukasi Menara Hanoi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Logika Matematika Di Smk. Teknologi Pembelajaran, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/tp.v2i1.115

Djamen, A. C., Rompas, P. T. D., & Ratumbanua, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3389

Ervina, A., Kriyantono, R., & Wulandari, M. P. (2019). Kontroversi Gaya Komunikasi Politik Presiden K.H. Abdurrahman Wahid. MEDIAKOM, 2(2), 89. https://doi.org/10.32528/mdk.v2i2.1921

Fatma, M., Piliati, I., Budiarti, B., Putra, I., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2022). Pengaruh Media Game Edukasi sebagai Inovasi Pembelajaran Muatan PPKN terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 68. https://doi.org/10.17977/um009v31i12022p068

Firmansyah, H., & Chalimi, I. R. (2021). Urgensi dan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(5), 4053–4063. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1483

Firmansyah, R. I., Aditya, A., & Kartikasari, M. (2021). Game Edukasi Sistem Tata Surya Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Virtual Reality. Jurnal Simantec, 9(2), 39–44. https://doi.org/10.21107/simantec.v9i2.9912

Hardianto, M., Widayati, W., & Sucipto, S. (2018). Diksi Dan Gaya Bahasa pada Naskah Pidato Presiden Soekarno. FONEMA, 4(2). https://doi.org/10.25139/fonema.v4i2.761

Hardiantoro, R. (2019). Permutasi Diskrit pada Game Anak “Tebak Siapakah Aku?” https://www.academia.edu/38074228/Permutasi_Diskrit_pada_Game_Anak_Tebak_Siapakah_Aku_

Hidayanti, P. N. (2021). Literasi Digital: Urgensi dan Tantangan dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/factum.v10i2.39203

Hidayat, T. (2016). Game Edukasi Mengenal Peristiwa Bersejarah Dan Tokoh Pahlawan Di Indonesia. Data Manajemen dan Teknologi Informasi, 17(3), 38–43.

Irdiansyah, A. R. (2021). Reproduksi Pengetahuan Untuk Kekuasaan: Analisis Wacana Kritis Pada Artikel Ilmiah Dan Pidato Megawati Soekarnoputri. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 223. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.223-237

Irwanto. (2023). Macromedia flash sebagai media pembelajaran praktik di sekolah menengah kejuruan. 5(1).

Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.360

Kustari, D. (2021, May 10). Pemanfaatan Game Edukasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. BBPMP Jawa Tengah. https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-game-edukasi-dalam-pembelajaran-jarak-jauh/

Lutfi Rahayu, N. Q. M., Afifah, F. M., & Prastiwi, N. D. P. (2022). Menyingkap Karakter Presiden Soeharto Dari Balik Tulisan Tangan. Basindo : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 6(1), 13. https://doi.org/10.17977/um007v6i12022p13-23

Murdiono, M., Sapriya, S., Wahab, A. A., & Maftuh, B. (2014). Membangun Wawasan Global Warga Negara Muda Berkarakter Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2790

Niswa, K., & Kharisma, A. J. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi “Kids Learning” Berbasis Android Bagi Guru SD Muhammadiyah 02 Pematangsiantar. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.23960/seandanan.v1i1.8

Puspita, D., Hidayati, S., & Saudah, S. (2021). Permainan Dakon dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i1.3215

Puspitasari, A., Rudianto, B., & Prasetya, M. A. (2022). Game Edukasi Pengenalan Tumbuhan Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Augmented Reality. JIKA (Jurnal Informatika), 6(1), 10.https://doi.org/10.31000/jika.v6i1.5155

Setiawan, A., Yusnita, E., & Azzuhri, H. (2022). Model Keputusan Politik Rezim Teknokrat di Indonesia (Studi pada Periode Presiden B.J Habibie). Jurnal Prodi Ilmu Politik, 1(2), 93–107. https://doi.org/10.19109/jsipol.v1i2.13719

Sentani, A. D., Yudianto, A., & Rahmat, D. (2022). Implementasi Game Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris di Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kota Sukabumi. JPTIV (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional ), 4(1), 1–8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPVTI/article/download/24664/15949

Shelviani. (2016). Game Edukasi “Tebak Aku” Untuk Membantu Pemahaman Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Sekolah Dasar.

Sumarti, E. (2013). Analisis Wacana Kritis Strategi Politik Penggunaan Bahasa Dalam Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. LITERA, 9(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v9i1.1215

Suwirta, A. (2015). Memaknai Peristiwa Sumpah Pemuda dan Revolusi Kemerdekaan Indonesia dalam Perspektif Pendidikan. SIPATAHOENAN, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.2121/sip.v1i1.44

Tristanti, L. B., Akbar, S., & Rahayu, W. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.873

Waridah, W., & Aman, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif Tema Menghargai Jasa Pahlawan Berbasis Sosiokultural Di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6465

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Wulandari, T. (2010). Pembelajaran Ips Sebagai Media Penanaman Nasionalisme. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3718




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F28767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id