Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas VI SD

Dhini Mufti, Arisman Sabir, Fitri Yanti

Abstract


Tujuan penelian ini yaitu untuk mendeskripsikan perbedaan antara aktivitas siswa dan hasil belajar yang diterapkan dengan model pembelajaran CPS di kelas eksperimen serta siswa yang diterapkan dengan model konvensional di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan design quasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group dengan menggunakan nilai tes pretest-posttest. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Penelitian menunjukkan hasil (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CPS terhadap aktivitas siswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran CPS terhadap hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Agustina, 2014. Penerapan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, UNP, Part 1 Vol. 3 No. 2 (diakses tanggal 25 maret 2018)

Ahda,2017.Hasil Uji Buku Siswa Berbasis Inkuiri pada Pembelajaran IPA untuk Siswa Kelas VIII SMP Bioeducation Journal , UNP, Vol.I No.1-Maret, ISSN : 2354-4836(diakses pada tanggal 20 Mei 2018)

Amini, 2017. The Development of Integrated Learning Based Students’ Book to Improve Elemantary School Students’ Competence .Faculty of Education, Faculty of Education,UNP, Vol.6 (diakses tanggal 9 Oktober 2017)

Budiana,2013.Pengaruh Model CPS terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Journal Mimbar PGSD. Singaraja : PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.

Cojorn, 2012. Effects of The Creative Problem Solving Learning Model on Matter and Proporties of Matter. Journal Of Education, Vol.35 no.1

Huda, Miftahul, 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

INDONESIA, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Indra, 2014. Pengaruh Model Pembelajaran CPS berbantuan Media Grafis terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Singaraja : PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2 No.1

Jufri,Wahab, 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung : Pustaka Reka Cipta

Lobo, 2016. The Influence of Learning Model CPS Vs. Based Learning Departemen of Pancasila Civic Education. Jurnal International Confrence On Education, Vol. 4 No.

Nadirah, S., Nasar, I., Sabir, A., Lahiya, A., Zulfikhar, R., & Zulharman, Z. (2023). Pengaruh Kinerja Dan Kualifikasi Akademik Guru Terhadap Mutu Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 2064-2071.

Sabir, A., Fitria, D., Pitra, D. H., Astuti, M., & Superdi, S. (2022). PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA DI SMP NEGERI 1 KAYUTANAM. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 118-126.

Sugiyono, 2012. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Trianto, 2012. Model Pembelajaran Terpadu . Jakarta : Bumi Aksara.

Zulyadaini, 2017. Effect of CPS Learning Model on Mathematical Problem Solving Skills Of Senior High School Students. Journal Of Reseach & Method in Education. Jambi : University Batanghari, Vol.7 no.3




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F27943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id