Perancangan Aplikasi Pembelajaran Peta Pada Mata Pelajaran Geografi SMPN 16 Kota Jambi

Fery Purnama, Fattachul Huda Aminuddin

Abstract


Materi keterampilan dasar tentang peta pada mata pelajaran geografi kelas VIII merupakan salah satu materi yang sangat penting dan diminati oleh siswa kelas VIII program IPS SMP. Dengan kemampuan yang baik dalam mempelajari peta, siswa dapat memperoleh banyak informasi tentang objek daerah atau gejala di permukaan bumi. Kenyataan di sekolah tidak semua siswa memiliki minat yang tinggi untuk mempelajari peta. Hal ini didasari karena media yang digunakan untuk belajar tentang peta masih menggunakan Peta cetak yang ditempel di dinding. Mereka beranggapan bahwa peta terlalu sulit dipelajari karena di dalamnya penuh dengan simbol-simbol yang kurang mereka pahami. Era industri 4.0 menghadirkan berbagai teknologi dan kemajuan yang memudahkan semua aspek kehidupan manusia.Demikian halnya dengan peta. Pada saat ini, peta dapat dipelajari dengan cara memanfaatkan teknologi. Perancangan aplikasi pembelajaran peta berbasis web dilakukan agar siswa lebih mudah dalam memahami serta menarik minat dan perhatian siswa dalam belajar. Selain agar siswa tidak merasa bosan hanya dengan mendegarkan ceramah guru dan membaca materi, penyampaian materi peta menggunakan aplikasi tersebut menjadi lebih mudah diterima dan dipraktikkan oleh siswa. sehingga menghasilkan kemampuan siswa membaca peta juga meningkat, dan mereka tidak lagi menganggap materi peta sesuatu yang sulit dipelajari

Full Text:

PDF

References


Sumaatmadja,Nursid.2001.Metode Pembelajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Mulyadi Rusli, T. D. (2021). Sistem Informasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Simulasi Digital Pada SMK Revany Indra Putra. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 134−140.

Fattachul Huda Aminuddin, T. D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. JITCE (Journal of Information Technology and Computer Engineering), 63-69.

Rosmiati, R., Dwijayanti, N. S., Wahyuni, A., Apdelmi, A., & Simaremare, T. P. (2022). Desain Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Virtual Reality 3D pada Pembelajaran IPS di Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi Masa Pandemi COVID19. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 4(2).

Habibi, G. A., & Kurniawan, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Keseimbangan Benda Tegar Kelas XI SMA Antartika Sidoarjo. Surabaya: Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan.

Triyanto, E., Anitah, S., & Suryani, N. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolahdalam Pemanfaatan Media Pembelajaransebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran.

Ridoh, A., Putra, Y. I., & Fadli, R. (2020). Web-Based Data Visualization To Identify the Spread of Covid-19 in Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 2(1).

Nugroho, B. 2018. “Aplikasi Pemograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL”. Yogyakarta: Gava Media.

Purnama, F., & Irawan. (2019). Aplikasi Pengawasan Dan Pengaduan Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi. Journal of Information Technology, 3(2), 52-57.

Khafidli, M. Firgiawan, 2011, Trik Menguasai HTML5, CSS, PHP APLIKATIF, Yogyakarta : Lokomedia.

Darex Susanto, F. H. (2022). Rancang Bangun Sistem Aplikasi Penjadwalan Karyawan Pada Rumah Sakit ST. Theresia Jambi Berbasis Android. Jurnal TIMES (Technology Informatic & Computer System), 22 – 29.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F27931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id