Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Devi Pratiwi, Alya Nur Sa’adah, Endah Wulantina

Abstract


Rendahnya minat belajar dan  hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain bahan ajar yang kurang menarik, siswa sulit memahami materi, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa SMP Islam Miftahul Jannah, diperlukan bahan ajar matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis nilai-nilai Islam. Tujuan penelitian  ini adalah  mengembangkan bahan ajar berupa e-modul dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis nilai-nilai keislaman pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penilaian oleh ahli matematika mendapat persentase 77,27% dengan kriteria “layak”, validasi ahli materi agama Islam mendapat persentase 87,5% dengan kriteria “sangat layak”, validasi ahli media mendapat persentase 88,69%. dengan kriteria “sangat layak”. Hasil respon siswa mendapat persentase 89,67% dengan kriteria sangat menarik, sedangkan hasil evaluasi siswa masuk kategori “baik” dengan persentase 77,78%.


Kata kunci: E-modul matematika, Nilai-nilai Keislaman, Pendidikan Matematika Realistik


Full Text:

PDF

References


Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

A. Chuseri, T. Anjarini, dan R. Y. Purwoko, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Bangun Ruang,” Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, vol. 3, no. 1, hlm. 18–31, Jun 2021.

D. D. Pratiwi, “Pengembangan Bahan Ajar Aljabar Linear Berbasis Nilai-Nilai Keislaman dengan Pendekatan Saintifik,” Desimal: Jurnal Matematika, vol. 2, no. 2, hlm. 155–163, 2019.

A. Munandar dan S. Rizki, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam Pada Materi Peluang,” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, hlm. 262–269, 2019.

D. Sugianto, A. G. Abdullah, S. Elvyanti, dan Y. Muladi, “Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital,” Invotec, vol. 9, no. 2, hlm. 101–116, Agu 2013.

A. Kurniati, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman,” Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 4, no. 1, hlm. 43–58, Mar 2016.

I. Safitri, “Pengembangan E-Module Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Flipbook Maker Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP,” Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 2, hlm. 1–10, 2015.

Muslimin, R. I. I. Putri, Zulkardi, dan N. Aisyah, “Learning Integers with Realistic Mathematics Education Approach Based on Islamic Values,” Journal on Mathematics Education, vol. 11, no. 3, hlm. 363–384, Sep 2020.

F. Rahmawati, “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar,” Kumpulan Makalah Seminar Semirata Fakultas MIPA Universitas Lampung, hlm. 225–238, 2013.

H. Muhtarudin dan A. Muhsin, “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab al-Mawaiz al-’Usfuriyyah,” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, hlm. 311–330, Desember 2019.

S. Ningsih, “Realistic Mathematic Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah,” JPM IAIN Antasari, vol. 1, no. 2, hlm. 73–94, Jun 2014.

W. Bermi, “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Untuk Membentuk Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mukminun Ngrambe Ngawi,” Jurnal Al Lubab, vol. 1, no. 1, hlm. 1–18, 2016.

N. Khaira, K. Idris, dan S. Bahri, “Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai Keislaman Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa,” Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1, hlm. 89–100, Jan 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F27747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id