Penerapan ARCS Terhadap Mata Kuliah Kewirausahaan untuk Mendukung MBKM

Ahmad Akhyar, Bela Salsabila, Agung Setiawan, Adyanata Lubis

Abstract


Abstrak - Jurnal ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pendekatan ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam mata kuliah kewirausahaan sebagai upaya untuk mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). ARCS merupakan pendekatan yang berfokus pada empat aspek penting dalam pembelajaran yaitu perhatian, relevansi, keyakinan dan kepuasan. Penggunaan teknologi augmented reality (AR) dapat meningkatkan minat dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian selanjutnya dapat melibatkan lebih banyak kelompok mahasiswa dan institusi pendidikan yang berbeda untuk memperluas generalisabilitas temuan. Penelitian juga dapat menggali lebih dalam tentang dampak jangka panjang dari penerapan pendekatan ARCS terhadap pengembangan kewirausahaan mahasiswa

Kata Kunci: Penerapan ARCS, Kewirausahaan, MBKM

  

Full Text:

PDF

References


Asiani, A. H., & Nugroho, J. A. (2017). Penerapan model attention, relevance, confidence, and satisfaction (ARCS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pemasaran 1 Smk Negeri 1 surakarta tahun Pelajaran 2016/2017. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 3(1), 1–11.

Dwilita, A., & Nurkaif. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model (ARCS) pada Siswa Kelas IV SDN 4 Trimulyo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3573–3586. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1597

Efriyenef, F., & Fitria, Y. (2021). Penerapan Model ARCS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 151–156. https://doi.org/10.30653/003.202172.189

Sulistiyani, E., Khamida, K., Soleha, U., Amalia, R., Hartatik, S., Putra, R. S., Budiarti, R. P., & Andini, A. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Kesehatan dan Non Kesehatan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 686–698. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1943




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F27554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id