Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Daring Dipadukan Dengan Gamifikasi Quizizz

Tince Dormalin Koroh

Abstract


Permasalahan dalam perkuliahan daring menjadi hal serius bagi pengajar. Oleh sebab itu, diperlukan solusi dalam mencari strategi dan formulasi dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran daring yang dipadukan dengan gamifikasi quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar mahaiswa IAKN Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah 32 orang mahasiswa. Desain penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Data dikumpulkan melalui hasil kuisioner motivasi belajar dan kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan kemandirian belajar mahasiswa. Paparan analisis data pada objek penelitian siklus 1 ke siklus 2 menunjukkan bahwa 1) motivasi belajar  : pada indikator perencanaan terjadi peningkatan sebesar 1,1 %, tindakan meningkat 0,6%, pengamatan meningkat 0,3%, refleksi meningkat 0,6% dan 2) kemandirian belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan dimana pada indikator rasa tanggung jawab meningkat 2,85 %, berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri meningkat 1,1%,  memiliki rasa tanggung jawab meningkat 0,4%, berperilaku disiplin meningkat 0,7%, memiliki kepercayaan diri meningkat 4,4%, ketergantungan terhadap orang lain meningkat 0,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran daring yang dipadukan dengan aplikasi quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Ainna Al Firdausi, Aulia Farida Zamani, & Azza Agustina Rahma. (2021). Peran Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Menggunakan Wordwall dan Quizizz di SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 162–182. https://doi.org/10.32492/sumbula.v6i2.4557

Astuti, A., Oktaviana, D., & Firdaus, M. (2022). Pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar pada siswa SMP. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 1. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5039

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Fikri, M., Zaki Ananda, M., Faizah, N., Rahmani, R., & Adelia Elian, S. (n.d.). KENDALA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19: SEBUAH KAJIAN KRITIS. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.00

Fitriani, S. (2020). Analisis: Jurnal Studi Keislaman Keberagaman dan Toleransi Antar Umat Beragama. Jurnal Studi Keislaman, 20(2).

Herdiana, D., Rudiana, R., & Supriatna, S. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.128

Isnawati, N. & S. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 1.

Jusuf, H. (2016). Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal TICOM.

Khasanah, K., & Lestari, A. (2021). The Effect of Quizizz and Learning Independence on Mathematics Learning Outcomes. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v6i1.7288

Lutfi, A., Aftinia, F., & Ipmawati, N. (2021). Prosiding Seminar Nasional Kimia (SNK) 2021 Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZZIZ SEBAGAI MEDIA PEMBERIAN KUIS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1161

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2). https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Setiawati, S. (2021). Penggunaan Quizizz sebagai Media Penilaian pada Perkuliahan Daring. Prosiding Seminar Nasional Unila Ke 4.

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS DARING DIPERGURUAN TINGGI PADA ERA INDUSTRI 4.0. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1). https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i1.2082

Sugiono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan (Nuryanto Apri, Ed.; 3rd, Cetakan ed.).

Susiyanti, E., Nugraheni, N., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Endang Susiyanti 1 , Nursiwi Nugraheni 2 ISBN: 978-623-90547-6-2 https://prosiding.iahntp.ac.id Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020 Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. https://prosiding.iahntp.ac.id

Vera, N. (2020). Strategi Komunikasi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Avant Garde, 8(2), 165. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1134

Wihartanti, L. V., Prasetya Wibawa, R., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ BERBASIS SMARTPHONE DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 0(0).

Wijayanti, R., Hermanto, D., & Zainudin, Z. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Matakuliah Matematika Sekolah Ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 347–356. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.470




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F27528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id