Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Learning Management System (LMS) Di Universitas Teknologi Digital

Aulia Dwi Rahmawati, Putri Agustin, Chika Shafa Salsabila, Dara Ananda, Ricky Firmansyah

Abstract


Dalam perkembangan globalisasi sosial yang sangat luas saat ini, memungkinkan perkembangan teknologi dulunya merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk kegiatan dalam proses pembelajaran, terutama pada masa pandemi Covid 19 ini sudah tidak asing lagi bagi pelajar di Indonesia dengan istilah pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran online. Terutama di setiap sekolah atau pun perguruan tinggi daerah bandung ini, beberapa sudah mempunyai sistem pembelajaran atau learning management system (LMS)-nya masing-masing atau menggunakan Google Classroom sebagai LMS sekolah/perguruan tinggi itu sendiri. Pertanyaan utama penelitian ini adalah apakah aplikasi pembelajaran Google Classroom berdampak efektif dalam proses belajar dan mengajar di kalangan mahasiswa Universitas Teknologi Digital?. Penelitian ini memilih metode analisis kuantitatif dengan menggunakan survei yang dibagikan kepada mahasiswa melalui kuesioner. pada data survei kuesioner yang dibagikan mendapat sebanyak 67 responden dari mahasiswa semester 3 kelas E di Universitas Teknologi Digital. Dari sini kita mengetahui bahwa sebanyak 95,5% dari jawaban responden telah menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran, sebanyak 64,2% responden menjawab mudah menggunakan fitur dari Google Classroom, sebanyak 59,7% responden menjawab setuju bahwa Google Classroom menjadi efektif dan efisien sebagai LMS Kampus, sebanyak 47,8% menjawab efektif untuk menggunakan Google Classroom sebagai LMS, maka dari itu efektivitas dari penggunaan Google Classroom sebagai LMS Mahasiswa Kelas E di Universitas Teknologi Digital dikatakan berhasil.

Kata kunci : Efektivitas, Google Classroom, LMS, Media Pembelajaran, Pengguna.

 


References


Alfarisi, I. H. (2021). BAB I PENDAHULUAN. Universitas Pendidikan Indonesia, 1-2.

Alisman. (2022). LANDASAN TEORI EFEKTIVITAS. raden fatah, 3.

Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 17.

Farida, I., Ripadli, Farwati, R., Ompu S, O. T., & Anriani, W. (2022). EFEKTIVITAS PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJARSISWA KELAS XI SMAN 1 CIKANDE. Jurnal Kewarganegaraan, 1748-1749.

Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM(LMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINESELAMAPANDEMICOVID-19. Jisicom, 2.

Herman. (2019). Pengertian Google Classroom. PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN, 3.

Kusuma. (2022). LANDASAN TEORI EFEKTIVITAS. raden fatah, 3.

Mulyani, S. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM. Diambil kembali dari digilibadmin: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/13900-Full_Text.pdf

Nana sudjana. (2022). Landasan teori ektivitas . raden fatah , 2.

R.Restiana. (2022). Landasan teori ektivitas. radenfatah , 1.

Rafiqa-Ulfah. (2019). Pengertian Google Classroom. PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN, 2.

Ravianto. (2022). Landasan teori efektivitas. Raden fatah , 2.

Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). MEDIA E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 609.

Sugiyono. (2020). BAB III METODE PENELITIAN. (N. Yanti, Editor) Dipetik Oktober 21, 2022, dari repository: http://repository.stei.ac.id/2948/4/BAB%20III.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F25853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id