PERANAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM MENDUKUNG MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING

Muhammad Prayogi Adie Pradja, Muhammad Saeful Hilalulloh, Ricky Firmansyah

Abstract


Penelitian dalam artikel jurnal ini bertujuan untuk menganalisis peran pembelajaran Learning Management System dalam mendukung model Blended learning. Metode penelitian dalam artikel jurnal ini menggunakan studi kepustakaan, yaitu dengan mengumpulkan data atau sumber yang memiliki hubungan dengan topik atau masalah yang diangkat, dalam penelitian ini menggunakan jurnal nasional, dan buku-buku yang memiliki hubungan dengan fokus pembahasan. Hasil yang peneliti temukan dari beberapa jurnal tersebut menunjukkan bahwa Learning Management System merupakan salah satu kunci keberhasilan atau kemajuan dalam sistem pendidikan Indonesia. Pemilihan model pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang dapat mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran serta kualitas dan hasil pembelajaran. Model blended learning diketahui mampu mengatasi berbagai keterbatasan yang terkait dengan pembelajaran online dan pengajaran tatap muka. Banyak faktor yang terjadi, mulai dari penyajian materi sesuai jenjang, sumber data yang lengkap, media dengan fitur yang melengkapi kebutuhan suatu proses pembelajaran. Namun, rata-rata mahasiswa di Indonesia masih perlu mengenal Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran. Dan dapat dikatakan bahwa LMS sangat penting bagi model pembelajaran Blended Learning agar sistem pendidikan Indonesia yang semakin berkembang dan maju dapat menentukan peserta didik atau generasi muda yang baik untuk kualitas bangsa yang semakin maju. media dengan fitur yang melengkapi kebutuhan suatu proses pembelajaran. Namun, rata-rata mahasiswa di Indonesia masih perlu mengenal Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran. Dan dapat dikatakan bahwa LMS sangat penting bagi model pembelajaran Blended Learning agar sistem pendidikan Indonesia yang semakin berkembang dan maju dapat menentukan peserta didik atau generasi muda yang baik untuk kualitas bangsa yang semakin maju. media dengan fitur yang melengkapi kebutuhan suatu proses pembelajaran. Namun, rata-rata mahasiswa di Indonesia masih perlu mengenal Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran. Dan dapat dikatakan bahwa LMS sangat penting bagi model pembelajaran Blended Learning agar sistem pendidikan Indonesia yang semakin berkembang dan maju dapat menentukan peserta didik atau generasi muda yang baik untuk kualitas bangsa yang semakin maju.

 


References


Aditya Yulianto . (2020, Oktober 26). Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran. Diambil kembali dari kumparan.com: https://m.kumparan.com/yulianto-aditya/manajemen-sistem-informasi-dalam-pembelajaran-1uSfqjy2goO

Ais Zakiyudin. (2011). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana.

Anggrawan. (2019). Percentage of Effect of Blended Learning Model on Learning Outcome. IEEE. doi:https://doi.org/10.1109/ICIC47613.2019.8985741

Anindya Pratiwi . (2021). Peran LMS dalam Model Pembelajaran Blended Learning . Diambil kembali dari campusnet.id: https://campusnet.id/artikel/peran-lms-dalam-model-pembelajaran-blended-learning

Arifin, R. N. (2014). Kontribusi sistem informasi manajemen berbasis komputer terhadap kinerja pegawai pusdik intelkam polri bandung. Jurnal Perguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 246-266. Diambil kembali dari https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/3107

Asiroha Siboro, L. Z. (2022, Februari 28). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN. doi:https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/1325

Hafidzah Hafidzah. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN BLENDED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE TERHADAP NILAI AKADEMIK MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa. doi:http://dx.doi.org/10.35760/tr.2020.v25i3.2662

La Ode Ismai, Ristati Sinen . (2017, 12 18). PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 21 MAKASSAR . IDAARAH : Jurnal Manajamen Pendidikan. Diambil kembali dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/4272

Muhardi. (2005). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Journal Unisba, XX(4), 478–492. doi: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/153

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 368-378. doi:https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043

Sudana, I. W. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan metode blended learning melalui aplikasi google classroom. Indonesian Journal of Educational Development, 38–47. doi:https://doi.org/10.5281/zenodo.4781849




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F25749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id