Pengaruh LKPD Berbantuan Smartphone Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh penggunaan LKPD berbasis
smartphone terhadap penguasaan konsep siswa SMK kelas X teknik kendaraan ringan (TKR)
SMK Bhakti Utama, Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas
kontrol yang dalam pembelajarannya dilakukan secara konvensional. Penelitian ini adalah
quasi eksperimen dengan rancangan pretest - posttest control group design. Pengumpulan
data dilakukan dengan tes dan wawancara peserta didik dan guru. Data hasil belajar dianalisis
dengan uji normalitas dan homogenitas, dilanjutkan uji-t. Hasil penelitian diharapkan dapat
memberikan gambaran peningkatan rata-rata hasil belajar dengan menggunakan LKPD
berbantuan smartphone, sekaligus memberikan dampak yang signifikan.
Kata kunci: LKPD berbasis smartphone, penguasaan konsep, dan siswa SMK TKR
Full Text:
PDFReferences
Andrita, R. (2015). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Sistem Penilaian
Persediaan, (Online), Vol. 3, No. 2, from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13175/17015.
Arta, M. (2013). Boomingnya Android, Retrieved 14 Februari 2016 from
http://ilmukomputer.org/wpcontent/uploads/2013/04/android.doc.
Edi, I., Nelly N., & Pratama B.H. (2017). Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media
Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. Jurnal Untuk Mu Negeri,
(1).
Fajar, K. (2011). Tutorial Step By Step Full Color: Membedahkan Kehebatan Android.
Jakarta: Grasindo.
Herman, L. (2014). Pengembangan Media CAI Pada Mata Pelajaran TIK Kompetensi Dasar
Membuat Karya Sederhana Menggunakan Program Pengolah Angka Kelas VIII
Semester 2 Di SMP N 2 Patianrowo Nganjuk, 2(3), (http://ejournal.unesa.ac.id/
index.php/jmtp/article/ view/9773/12860).
Hanim, F. & Erna, P.A. (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa (Lkpd) Berbantuan Software
Geogebra Pada Materi Program Linier. Jurnal Pendidikan Matematika dan
Matematika (FIBONACCI), 3(2).
Indrajit. (2011). Teknologi Informasi dan Perguruan Tinggi: Menjawab Tantangan
Pendidikan Abad ke-21. APTIKOM. (e-book)
Iskandar. (2004). Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk SMP Kelas VIII. Bandung:
Regina.
Mukhtar. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.
Master. (2012). Langsung Inget: Mengupas Lengkap All About Android Putra. Jakarta: Kuncikom.
Nursina, La Ode M.U., Joko. (2016). Penggunaan Smartphone Dalam Mengembangkan Pola Belajar Siswa Sma Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Jurnal ilmu
komunikasi UHO.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA
Press.
Pitriani. (2017). “Pengembangan LKPD Berbasis PBL Berbantuan Cabri 3D Materi Dimensi
Tiga Kelas X SMA”. Fibonacci: Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 1-10.
Salbino. (2014). Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F21822
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional
Diterbitkan oleh:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id