Pengembangan Media E-Learning Dengan Schoology Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Fluida Statis

Dewi Susilowati, B. Anggit Wicaksono

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengembangakan produk berupa media e-learning dengan mengunakan schoology sebagai suplemen pembelajaran fisika materi Fluida Statis serta mendeskripsikan kemudahan, kemenarikan, kemanfaatan dan keefektifan. Pengembangan media e-learning dengan menggunakan schoology berdasarkan dari prosedur penelitian pengembangan Suyanto dan Sartinem adalah analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, serta produksi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Hasil uji eksternal yang menunjukkan kualitas media e-learning dengan schoology mudah, menarik, bermanfaat serta efektif digunakan untuk suplemen pembelajaran, sebab 80 % siswa telah lulus KKM. Melalui media e-learning dengan schoology ini siswa dapat mengakses pembelajaran secara online serta belajar secara mandiri yang bisa dilaksanakan dimanapun serta kapanpun mereka inginkan. Materi dalam media e-learning bisa divisualisasikan kedalam berbagai format serta bentuk yang interaktif dan dinamis sehingga siswa termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: fluida statis, media e-learning, pengembangan, schoology.

Full Text:

PDF

References


Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. Vol 8(1). 13-29.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Helmanda, R., Elniti, S., & Armalita, N. (2012). Pengembangan Handout Matematika Berbasis Pendekatan Realistik Untuk Siswa Smp Kelas VII Semester 2. 1 (1): 75-79.

Mahnegar, F. (2012). Learning Management System. Internarional Journal of Business and Social Science. 3 (12): 144-150.

Mayub. (2005). E-Learning Fisika Berbasis Macromedia Flash MX. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sari, E., Syamsurizal, & Asrial. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu Sains. 7 (1), 41-48.

Melton, B. F., Bland, H. W., & Chopak-Foss, J. (2009). Achievement and satisfaction in blended learning versus traditional general health course designs. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 3 (1): 26.

Nazarenko, A. L. (2015). Blended learning vs traditional learning: What works?(a case study research). Procedia-Social and Behavioral Sciences. 200: 77- 82.

Rashty, D. (1999). E-Learning Process Models. Dikutip dari http://www. addwise.com /articles/e-learning_Process_Models.pdf.

Rohman, M., & Amri, S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Sihaloho, Y. E. M., Suana, W., & Suyatna, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal Edumatsains. 2 (1). Pp. 55-71.

Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2 (3): 374-376.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, E., & Sartinem. (2009). Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa

dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id