Analisis Penerapan Standar Proses Dan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Bagi Calon Guru

Margaretha Karolina Sagala, Hervin Maulina, B. Anggit Wicaksono, Feriansyah Sesunan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pene­rap­an standar proses dalam Kurikulum 2013 bagi mahasiswa calon guru dalam ma­ta­kuliah Micro Teaching; dan (2) Menganalisis penerapan standar penilaian dalam Ku­ri­kulum 2013 bagi mahasiswa calon guru dalam matakuliah Micro Teaching. Me­­to­de penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Me­to­de deskriptif dipilih untuk menggambarkan penerapan standar proses dan stan­dar penilaian dalam Kurikulum 2013 bagi mahasiswa calon guru dalam matakuliah Micro Teaching. Sesuai dengan lingkup penelitian, sampel penelitian ini adalah ma­ha­siswa semester 6 Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lampung. Berdasarkan pe­ne­litian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Standar Proses da­lam Kurikulum 2013 sudah dapat diterapkan oleh mahasiswa calon guru dalam ma­ta­kuliah Micro Teaching dengan persentase rata-rata 90% sangat baik dan 10% ba­ik melalui keterampilan dasar yang diterapkan; dan (2) Standar Penilaian dalam Ku­ri­kulum 2013 sudah diterapkan mahasiswa calon guru dalam matakuliah Micro Teaching dengan mengacu pada RPM yang telah dibuat.

 

Kata Kunci: Standar Proses, Standar Penilaian, Kurikulum 2013, Micro Teaching

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Eko. 2015. Preskripsi Pembelajaran Mikro. Yogyakarta: Media Akademi.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F20053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id