Desain Lembar Kerja Siswa Model Blended Learning Untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills

Ariana Umu Kamila, Wayan Suana, Nengah Maharta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) oerorientasi higher order thinking skills (HOTS) untuk pembelajaran fisika model blended learning. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada tahapan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Desain LKS menggunakan model blended learning dengan format online learning-tatap muka-online learning, untuk satu siklus pembelajaran. Uji kelayakan produk dilakukan oleh tiga orang ahli dalam bidang pendidikan fisika dan uji keterbacaan produk dilakukan oleh tiga orang siswa. Hasil uji kelayakan isi dan kelayakan konstruk diperoleh keduanya berkategori sangat valid. Adapun hasil uji keterbacaan juga diperoleh hasil sangat baik. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas internal untuk kemudian diujicobakan untuk pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Blended learning, higher order thinking skills (HOTS), lembar kerja siswa (LKS)


Full Text:

PDF PDF

References


Adeyemo, S.A. (2010). Background and Classroom Correlates of Students’ Achievement in Physics. International Journal of Education Reserch and Technology, 1(1), 25-34.

Arsyad, A. (2000). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Barak, M. 2008. Fostering Higher Order Thinking in Science Class: Teacher Reflection. Retrieved 7 Juli 2017 from http://www.tandofline.com/page/ terms-and-condition.html.

Damayanti, D. S., Ngazizah. N., & Setyadi. E. K. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/1013. Jurnal Radiasi, 3(1), 58-62.

Dian, R. N. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Retrived 19 November 2017 from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep.

Hiong, L.C & Osman. K. (2013). A Conceptual Framework for the Integration of 21 Century Skill in Biology Education. Reserch Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology, 6(16), 76-83.

Masita, S. W. (2016). Kemampuan berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Fisika Universitas Malang.Pro. Seminar Nasional Pendidikan IPA, Pascasarjana UM, 1(1): 355-360.

Novianti, D. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dengan Gaya Belajar Tipe Investigatif dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII di SMP N 10 Kota Jambi. Retrieved 10 November 2017 from http://e-campus. fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/RRA1C20 9035.pdf.

Retnosari, G., Maharta, N., dan Ertikanto, C. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 97-107.

Rohman, M. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sihaloho, Y. E. M., Suana, W., dan Suyatna, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal EduMatSains, 2(3), 55-71.

Suana, W., Maharta, N., Nyeneng, I. D., and Wahyuni, S. (2017). Design And Implementation Of Schoology-Based Blended Learning Media For Basic Physics I Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 170-178.

Syahri, S. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 8 di SMPN 37 Jakarta. (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.154 hlm.

Syarif, I. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadaap Motivasi dan Prestasi Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234-249.

Viridi, A.S. (2009). Analisis Penyebab Rendahnya nilai Fisika Siswa Pada Materi Gerak Melingkar di SMA Negeri 6 Bandung. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, 1(3), 51-55.

Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System pada materi listrik dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(1), 1-12.

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Mustaka, D. P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 189-200.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2F19952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional

Diterbitkan oleh:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

 

Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No.1Kota Bandar Lampung
Homepage: http://pti.fkip.unila.ac.id
email: pti@fkip.unila.ac.id