MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS CASE METHOD DAN TEAM BASED PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan modul pembelajaran digital berbasis Case Method dan Team Based Project. Kegiatan ini dilaksanakan di MTs Al Hidayah Rajabasa dengan melibatkan 22 guru sebagai peserta. Modul pembelajaran yang diterapkan dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan kolaboratif, sehingga mampu mendorong pengembangan kreativitas siswa secara efektif. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan guru dalam meningkatkan kreativitas siswa, yang tercermin dari perbandingan skor pre-test dan post-test. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran digital berbasis Case Method dan Team Based Project efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam meningkatkan kreativitas siswa. Dengan demikian, modul pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat diimplementasikan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di era digital.
Kata Kunci: Case Method, Modul Digital, Modul Pembelajaran, Kreativitas Siswa, Team Based Project.
Full Text:
PDFReferences
Andrade, M. S., Dees, D. P., & Oramas, F. I. (2020). Frameworks for Effective Online Course Design. Journal of Educators Online, 17(1), 1-14.
Destari, D. (2023). Pendidikan Global di Era Digital: Transformasi dalam Skala Internasional. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 538-553.
Fadhilah, R., & Ramadhani, R. (2019). Ketersediaan Infrastruktur Teknologi dan Pengaruhnya terhadap Efektivitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 112-125.
Feagin, J., Orum, A., & Sjoberg, G. (Eds.). (1991). A case for case study. University of North Carolina Press
Garvin, D. (1991). A delicate balance: Ethical dilemmas and the discussion process. C. Christensen, Ed.. Education for judgement: The artistry of discussion leadership, (pp. 287– 304). Harvard Business School.
Golich, V. L. (2000). The ABCs of case teaching. International Studies Perspectives, 1(1), 11–29.
Guess, A. K. (2014). A methodology for case teaching: Becoming a guide on the side. Journal of Accounting and Finance, 14(6), 113–126.
Haryati, S. (2020). Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 6(2), 150-159. https://doi.org/10.1234/jptk.2020.60203
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180-191.
Hermawan, A. (2021). Penggunaan Platform Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 6(1), 89-99.
Hills, H. (2001). Team-based learning. Gower Publishing, Ltd..
Hutasuhut, S. (2010). Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based Learning) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Mata kuliah pengantar ekonomi pembangunan Pada jurusan manajemen fe unimed. PEKBIS, 2(01).
Kusuma, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 25-35.
https://doi.org/10.1234/jip.2019.15104
Lai, E. R. (2021). Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice. Research Report. Pearson.
Lasmiyati, L., & Harta, I. (2014). Pengembangan modul pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161- 174.
Marpaung, T. J., & Syahputra, M. R. (2018). Making Learning Teaching Materials in School Based On Information And Communication Technology. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 202-206.
Merseth, K. K. (1991). The early history of case-based instruction: Insights for teacher education today. Journal of Teacher Education, 42(4), 243–249.
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017-1054.
Mulyadi, T. (2020). Pengaruh Workshop terhadap Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 53(2), 210- 225.
Nufus, H., Susilawati, S., & Linda, R. (2020). Implementation Of E-Module Stoiciometry Based On Kvisoft Flipbook Maker For Increasing Understanding Study Learning Concepts Of Class X Senior High School. Journal of Educational Sciences, 4(2), 261-272.
Nugraha, A. (2015). Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan kemampuan literasi kimia siswa: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI F 2 SMK Farmasi As-shifa Ciparay (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Nurazmi, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Whatssapp dan Metode Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab. Hijai – Journal on Arabic Language and Literature, 03(02).
Nurhadi. (2021). Sinergi Guru, Siswa, dan Orang Tua dalam Penerapan Teknologi Pendidikan di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 14(2), 87-98.
Nurlaely, R., Sudrajat, A., & Amalia, R. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Berbasis Case Method dan Team Based Project. Jurnal Pendidikan Indonesia, 28(1), 45-58.
Nursulistyo, E. D., Mahasiswandari, S., & Jaryanto, J. (2021). Model Team-Based Learning dan Model Problem-Based Learning Secara Daring Berpengaruh terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Mimbar Ilmu, 26(1), 128.
Pratama, R., & Widyastuti, S. (2019). Peran Orang Tua dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 45-56.
Prayudi, A., Supriyaddin, S., Arifin, A., Irwati, I., & Silviana, U. (2024). Pengembangan Buku Ajar Teori Dan Praktek Pemrograman Web 1 Berbasis Case Method Dan Team Based Project: Development Of A Textbook On Programming Theory And Practice Web 1 Case Based And Team Based Project Methods. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(2), 25-30.
Puri, S. (2022). Effective learning through the Case Method. Innovations in Education and Teaching International, 59(2), 161-171.
Rahayu, N. (2020). Efektivitas Pelatihan Guru dalam Penerapan Modul Pembelajaran Digital di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 12(3), 123-135.
Rahmadi, M. T., Nurman, A., Yuniastuti, E., Pinem, M., Berutu, N., Maulia, T., ... & Saqina, D. (2022). Analisis Penerapan Case Method dan Team Based Project Dalam Kebijakan Jurusan di Universitas Negeri Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 10(2), 137-143.
Rahman, H. (2021). Efektivitas Pelatihan Metode Pembelajaran Berbasis Kasus dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(3), 134-148.
Rahmawati, F., & Nugroho, A. (2018). Pembelajaran Berbasis Teknologi: Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 45-58. https://doi.org/10.1234/jtp.2018.10103
Rijal, B. S. (2014). Pengembangan Modul Elektronik Perakitan dan Instalasi Komputer Sebagai Sumber Belajar untuk Kelas X SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(5), 12-22.
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences. Asia Society.
Sahertian, P., Huda, C., Leondro, H., Kusumawati, E. D., Kurniawati, M., Hakim, A. R., Triwahyuningtyas, D., & Susanti, R. H. (2022). Evaluasi Dampak Implementasi MBKM Terhadap Proses Belajar Mengajar di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 86–94.
Sahira, S., Rejeki, R., Jannah, M., Gustari, R., Nasution, Y. A., Windari, S., & Reski, S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran Ips Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 54-62.
Saputra, R. M. I., Triyono, A., Apriansyah, R., Hairudin, A., Ningsih, F., Corrina, F., & Ririen, D. (2022). Workshop Merancang Metode Pembelajaran Berbasis Case Method dan Team Based Project. ABDIMAS EKODIKSOSIORA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora, 2(1), 12-16.
Sari, D. P. (2020). Infrastruktur Teknologi Pendidikan di Indonesia: Tantangan dan Peluang dalam Era Digital. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(3), 203-214.
Sari, D. P. (2021). Evaluasi Berkelanjutan dalam Pendidikan: Kunci Keberhasilan Implementasi Metode Baru. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(3), 205-218. https://doi.org/10.1234/jep.2021.12003
Setiawan, M. (2020). Inovasi dalam Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8 (4), 320-330. https://doi.org/10.1234/jip.2020.80405Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49.
Sezgin, M., & Akgun, F. (2021). The Impact of Learning Styles on Engagement and Learning Outcomes in Online Learning Environments. Computers & Education, 166, 104157.
Shugan, S. M. (2006). Save research: Abandon the Case Method of teaching. Marketing Science, 25(2), 109–115.
Smeets, D. J., & Bus, A. G. (2015). The Interactive Animated E-book As A Word Learning Device For Kindergartners. Applied Psycholinguistics, 36(4), 899-920.
Sunardi, & Hasanuddin. (2019). Pengembangan Employability Skill Mahasiswa Vokasi Melalui Pembelajaran Stem-Project Based Learning. SemanTECH, 3(4), 210–217.
Suparman, E., Kom, S., Parashakti, M. R. D., & MM, S. (2018). The Development Of Accounting Information System Modul Learning In Universitas Persada Indoonesia Yai. Development, 9 (20).
Suryadie. (2014). Pengembangan modulelektronik IPA terpadu tipe shared untukmahasiswa kelas VIII SMP/MTs. Yogyakarta:UIN Sunan Kali Jaga.
Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1397–1401.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.