PENINGKATAN KEMAMPUAN INFERENSIAL STATISTIKA MELALUI PENDEKATAN MENTORING MAHASISWA PENDIDIKAN IPS FKIP UNILA
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir sering menghadapi kendala yang cukup berarti dalam proses penyusunan tugas akhirnya, terutama pada tahap interpretasi dan pengolahan data penelitian. Kendala utama yang ditemukan adalah keterbatasan pengalaman penelitian, minimnya pengetahuan tentang program statistika, dan kesulitan dalam mengoperasikan perangkat lunak statistika. Layanan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan guna meningkatkan kemampuan inferensial statistika mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Lampung. Metode yang digunakan adalah brainstorming yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Kegiatan pendampingan dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam penerapan statistika inferensia dan penggunaan program statistika. Evaluasi dilakukan dengan mengukur tingkat kemampuan peserta dalam memahami teknis pelaksanaan program pendampingan dan kesiapan melakukan penelitian lapangan. Hasil layanan menunjukkan bahwa pendekatan pendampingan efektif dalam membangun pemahaman, keterampilan, dan sikap profesional mahasiswa dalam mengolah data penelitian. Luaran yang diharapkan adalah meningkatnya kompetensi mahasiswa dalam mengintegrasikan pengetahuan statistika dengan praktik penelitian yang lebih komprehensif dan akurat.
Kata Kunci: Kemampuan Inferensial Statistika, Pendekatan Mentoring, Pengolahan Data PenelitianFull Text:
PDFReferences
Agung ABR, Nurlaelah. (2010). Praktikum, Statistika Ekonomi dan Bisnis dengan Statistik Inferensial. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Mulyono, S. (2016). Statistika untuk Ekonomi dan Bisnis (edisi ke-4). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Ormrod, JE (2008). Psikologi pendidikan: Mengembangkan pembelajar (edisi ke-6). Pearson/Merrill Prentice Hall.
Riduwan. (2011). Cara Mudah Kerja Statistik Inferensial 17 dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfa Beta,.
Rusman, Tedi. (2015). Statistika Penelitian Aplikasinya dengan Statistik Inferensial. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Santoso, Singgih. (2001). Buku Latihan Statistik Inferensial Statistik Parametrik, Cetakan kedua. Jakarta: Elek Media Komputindo..
Singgih, Fandy. (2001). Riset Pemasaran Konsep dan Aflikasi dengan Statistik Inferensial. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Sudarmanto, Gunawan. (2005). Analisis Regresi Linier Ganda dengan Statistik Inferensial. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2000). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Suguanto Mikael, (2007). 36 Jam Kerja Komputer Statistik Inferensial 15. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Sujana. (1996). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Penelit. Bandung: Tarsito.
Sulaeman, Wahid. (2002). Statistik Non Parametrik, Contoh Kasus dan Pemecahannya dengan Statistik Inferensial. Yogyakarta: Andi Offset.
Suliyanto, (2011). Ekonomi Terapan; Teori & Aplikasi Dengan Statistik Inferensial. Yogyakarta: Andi Offset.
Sutopo, EY, & Slamet, A. (2017). Statistik inferensial. Yogyakarta: Andi Offset.
Widiana, IW (2016). E-modul berorientasi pemecahan masalah dalam pembelajaran statistik inferensial. Prosiding Semnas Hasil Penelitian.
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386-397.
Bisman, RI, Saranani, F., Mirosea, N., Rumbia, WA, & Armawadin, M. (2023). Pentingnya Kompetensi Dan Motivasi Kerja Pada Peningkayan Kinerja Pegawai Di Kabupaten Kolaka. JPEP (Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan), 8(1), 107-118.
Anonim. (2002). 10 Model Penelitian dan Pengolahannya dengan Statistik Inferensial 10.1, Cetakan pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Arif Pratista. (2006). Aplikasi Statistik Inferensial 10.05 dalam Statistik dan Rancangan Percobaan. Bandung: Alfa Beta.
Ali Akbar. (2005). Statistik Inferensial 13.0. Menggunakan Statistik Inferensial Bagi Peneliti Pemula. Bandung: M2S.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.