PELATIHAN PEMBUATAN POWER POINT BERBASIS ICT BAGI GURU SD DI BANDAR LAMPUNG

Rohman Rohman, Elisa Septriana, Ana Mentari

Abstract


Pendidikan yang efektif memerlukan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Di era digital ini, penggunaan media berbasis ICT (Information and Communication Technology) menjadi sangat penting untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Namun, banyak guru di tingkat sekolah dasar yang belum memanfaatkan media berbasis ICT secara maksimal. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi PowerPoint. Mitra dalam kegiatan ini adalah guru-guru di SD Negeri 2 Sukabumi, Kota Bandar Lampung. Dalam upaya mencapain tujuan kegiatan ini, digunakan metode sebagai berikut : Ekspositori, Tanyajawab, Pemberian tugas, Diskusi kelompok dan Latihan Praktek. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa para peserta, setelah mengikuti pelatihan, dapat lebih memahami dan mengimplementasikan penggunaan PowerPoint sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Pelatihan ini juga berhasil meningkatkan keterampilan guru dalam merancang materi ajar berbasis ICT, yang diharapkan dapat memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Pentingnya penguasaan media berbasis ICT dalam pendidikan sangat besar, karena dapat mendukung tercapainya tujuan Kurikulum Merdeka dan meningkatkan kualitas pendidikan di era digital.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, ICT, PowerPoint, Pelatihan Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Dasar


Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Ciputat Pers.

Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Cet. III; Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Gween Solomon, lynne Scrum. 2011. Web 2.0 Panduan bagi para pendidik. Jakarta: PT indekx.

Hujair AH. Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Muhson, Ali. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Akuntansi Indonesia Vol VIII No. 2. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Wina Sanjaya. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Rahim, Muhammad Yusuf. (2011). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran Dan Informasi Pada UIN Alauddin Makasar. Jurnal Sulesana, Jurnal Wawasan Keislaman Volume 6 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.24252/.v6i2.1408

Sudjana Nana, 1995. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.

Sudjana Nana, 2002. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yazdi, Mohammad, (2012). E- Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. Vol 2 No. 1, (2012). https://foristek.fatek.untad.ac.id/index.php/foristek/article/view/95


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.