PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN UNO CARD DALAM MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENDUKUNG INTERAKSI ANTARA GURU DAN SISWA BAGI GURU-GURU MGMP IPS LAMPUNG SELATAN
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian Masyarakat ini yakni memberikan pengetahuan dan wawasan kepada guru mengenai media pembelajaran interaktif sehingga guru memiliki berbagai media pembelajaran yang bisa digunakan di kelas yang dalam hal ini tim pengabdian Masyarakat menggunakan media Uno Card sebagai materi pelatihan dan pendampingan. Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu bagian terpenting pada kegiatan pembelajaran selain adanya metode, model dan startegi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan atau pendampingan secara langsung kepada guru yang menjadi peserta pada kegiatan pengabdian Masyarakat yang dalam hal ini peserta guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPS Lampung Selatan. Berdasarkan hasil kegiatan rata-rata hasil pretest peserta yakni 68,19 hal ini menunjukkan pemahaman guru mengenai cara pembuatan media pembelajaran leaflet masih kurang, Kemudian setelah pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan postest diperoleh rata-rata hasil yang diperoleh peserta pengabdian kepada masyarakat yakni 76,25 hal itu berarti menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman peserta pengabdian yang dalam hal ini guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPS Lampung Selatan mengenai media pembelajaran berbasis permainan uno card.
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2009). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal edukasi elektro, 5(1), 11-18
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ekawati, D. (2024). Pengembangan media pembelajaran kartu uno pada materi sumber daya alam untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas V di MI Al Hasib Pakis Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabate.
Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta:Kencana.
Sadiman, A, dkk. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sholihah, R. F. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Menyenangkan (Joyful Learning) Melalui Permainan Ular Tangga Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gerak Harmonik (Bachelor's thesis).
Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.
Sujono, S., & Santoso, H. B. (2017). Analisis Kualitas E-Learning dalam Pemanfaatan Web Conference dengan Metode Webqual (Studi Kasus: Universitas KH. A. Wahab Hasbullah). E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 6(1), 69-77.
Tinsman, B. (2008). The Game Inventon’s Guide Book. New York:Morgan James Publishing (online). https//books.google.co.id.
Uce, L. (2021). Urgensi Pemilihan Alat Permainan Anak Usia Dini sebagai Perangsang Perkembangan Otak Anak. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(4), 738-750.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.