PELATIHAN MARKETING ONLINE BAGI ISTRI PARA NELAYAN DALAM PEMASARAN HASIL LAUT PADA MASYARAKAT PESISIR UNTUK MEMBANTU PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI KELUARGA

Abdul Halim, Cheri Saputra, Nur Indah Lestari, Atik Rusdiani, Dedy Miswar, Edi Siswanto

Abstract


Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung merupakan wilayah yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia, hal ini menjadikan sebagian masyarakat memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, dalam kehidupan rumah tangga nelayan, peran istri memiliki peran yang signifikan. Selain bertanggung jawab dalam mengelola rumah tangga dan keluarga, istri juga diharapkan untuk menjalankan tugas-tugas yang adaptif guna mendukung kelangsungan ekonomi keluarga. Informasi ini diperoleh dari hasil Pengabdian yang menggunakan metode pengumpulan data dan wawancara sebagai sumber data primer, serta data resmi dari kantor desa dan kecamatan sebagai sumber data sekunder. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang strategi pemasaran digital yang efektif dan sesuai dengan kondisi sosial, ekonomi, dan teknologi di Kabupaten Pesisir Barat kepada paraistri nelayan. Metode yang diterapkan mencakup pelatihan dan workshop dengan pendekatan praktis dan partisipatif. Materi pelatihan mencakup pengenalan tentang pemasaran digital, pembuatan akun media sosial dan marketplace, strategi content marketing, social media marketing, serta pengukuran dan evaluasi kinerja pemasaran digital. Pelatihan juga melibatkan simulasi dan praktik langsung penggunaan teknologi digital dan media sosial.

Full Text:

PDF

References


Akbar, MA, & Alam, SN (2020). E-COMMERCE: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital., books.google.com.

Ansaar, A. (2018). Peran Istri Nelayan dalam Menunjang Ekonomi Keluarga di Kelurahan Bonto Lebang Kabupaten Bantaeng. Walasuji, 9(1), 23-36.

Azizah, N.N. (2019). Pelatihan Pemberdayaan Istri Nelayan Melalui Pelatihan Digital Marketing Strategy (DMS) Darah Biru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Butarbutar, D. N., Sintani, L., & Harinie, L. T. (2020). Peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat pesisir melalui pemberdayaan perempuan. Journal of Environment and Management, 1(1), 31-39.

Erdawati, & Desda, M.M. (2021). Pkm Pemberdayaan Istri Nelayan Dalam Mengelola Usaha Ikan Kering Sebagai Sumber Pendapatan Keluarga Di Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat. Journal of Community Service.

Latif, F.A. (2022). Upaya Pengembangan Kreatifitas Istri Nelayan dalam Mengolah Makanan Berbahan Dasar Ikan di Kelurahan Boneoge Kab. Donggala. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora.

Melina, S., Sobariah, S., & Yuniarti, T. (2021). Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan melalui Pelatihan dan Pendampingan Usaha Olahan Kerupuk Ikan Tongkol pada Kelompok Istri Nelayan di Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. PELAGICUS.

Nugroho, AS (2021). Digital Marketing: Teori dan Implementasi (Tinjauan Praktisi Digital Marketing)., books.google.com.

Octavia, G, & Sari, WP (2018). Bentuk Komunikasi Pemasaran Digital ST22 Consulting. Prologia,journal.untar.ac.id.

Shadrina, RN, & Yoestini, Y (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, Dan MediaSosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna …. Diponegoro Journal of …, ejournal3.undip.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.