‘KELOMPOK BELAJAR ASYIK’ SEBAGAI UPAYA MEMBANGKITKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK DAN MEWUJUDKAN MASYARAKAT BERINTELEKTUAL DI KAMPUNG BENGKULU REJO

Muhammad Endi Syaputra, Dandi Bagas Pramestu, Desvi Lenais Putri, Dinda Maharani, Niken Tri Kusuma, Rissa Ade Kusuma, Tri Winarti, Veronika Aprilia Dasilva

Abstract


ABSTRAK

 

Kegiatan ini dilatarbelakangi adanya keinginan mengembangkan kemampuan memotivasi belajar siswa UPT SD Negeri 01 Bengkulu Rejo, Kec. Gunung Labuhan, Kab. Way Kanan. Kegiatan ini bertujuan mengetahui keefektivan Kelompok Belajar Asik berdasakan usia dan jenjang kelas sehingga lebih lanjut dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Selain itu, hal yang ingin dicapai oleh penulis adalah dapat memotivasi anak untuk dalam melakukan kegiatan secara mandiri dan percaya diri. Kegiatan ini menggunakan pendekatan kualitatif model deskriptif eksplanatif yang bermaksud memberikan gambaran mendetail terkait program kerja Kelompok Belajar Asyik (KBA) selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat, khususnya anak-anak di Kampung Bengkulu Rejo yang memiliki intelektual tinggi serta pemahaman tentang dunia pendidikan yang lebih mendalam. Bentuk penelitian adalah dengan menggunakan siklus, yang terdiri atas empat langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Artikel ini menunjukkan bahwa melalui Kelompok Belajar Asik (KBA) mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar, serta konsentrasi anak dalam menerima pelajaran di kelas meningkat.

Kata kunci: Anak-anak,  Bengkulu Rejo, Kelompok Belajar

ABSTRACT

 

This activity was motivated by the desire to develop the ability to motivate learning of UPT SD Negeri 01 Bengkulu Rejo students, Gunung Labuan District, Way Kanan District. This activity aims to determine the effectiveness of the Asik Study Group based on age and grade level so that it can further improve the ability to solve problem solving problems. In addition, what the author wants to achieve is to motivate children to carry out activities independently and confidently. This activity uses a qualitative approach of an explanatory descriptive model which intends to provide a detailed picture related to the work program of the Fun Learning Group (KBA) during the implementation of the Real Work Lecture (KKN) as an effort to realize the community, especially children in Bengkulu Rejo Village who have high intellectuals and a deeper understanding of the world of education. The form of research is to use cycles, which consist of four steps, namely (1) planning, (2) implementation, (3) observation / observation, and (4) reflection. This article shows that through Asik Learning Group (KBA) can increase motivation and interest in learning, as well as children's concentration in receiving lessons in class increases.

 

Keywords: Bengkulu Rejo, Children, Study Group

https://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v3i2.64-72


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Ri No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta.

Hadi, S.N., Dan Noor, A.J., (2019). Keefektifan Kelompok Belajar Siswa Berdasarkan Sosiometri Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matermatika di SMP. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1(1), 2019: 60-67.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64.

Ibrahim M, (2019). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Surabaya.

Kamil, M. (2018). Pendidikan Non Formal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (sebuah pembelajaran dari komunikan jepang). Bandung: Alfabeta.

Oktavia. A., (2020). Studi Tentang Kelompok Belajar Usaha Amplang Pada Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 1(1), Juni 2020: 29-43.

Susilawati, N. (2020). Kelompok Belajar Sebagai Modal Sosial Belajar Siswa di Sekolah: Jurnal Pendidikan. Vol. XII, No.1, 2020.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Penedekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2020). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV Dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema Journal, 2(1), 24–31.

Watini, S. (2018). HKI Kemenkumham Model Desain Bermain "Asyik dalam Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Bekasi.

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Watini, S. (2020). Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1477, No. 4, p. 042055). IOP Publishing.

Yulianti, Anisa. (2021). Keefektivan Kelompok Belajar yang Dibentuk Berdasarkan Sosiometri Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa SMP Negeri 7 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2006/2007 dalam Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung. Skripsi Program S-1 Universitas lambung Mangkurat, Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat tidak dipublikasikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.