IMPLEMENTASI REVOLUSI MENTAL BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA DI SEKOLAH
Abstract
Gerakan Revolusi Mental dimaknai sebagai suatu gerakan yang mengisyaratkan bahwa kita perlu untuk berbenah. Sasaran utama program ini untuk mengubah cara berpikir dan cara pandang untuk merekonstruksi kembali tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, mulai dari diri pribadi, tatanan sosial serta mendudukkan kembali konsep kehidupan berbangsa dan bernegara agar menjadi tangguh. Upaya membangun tatanan kehidupan berbangsa yang berdaulat, mandiri dan memiliki eksistensi kuat dalam pergaulan internasional dibutuhkan penyanggah kuat dari estapet kepemimpinan nasional. Peran pemuda sangat penting, yang notabene berada dalam proses pendidikan dijadikan dasar perjuangan sebagai pondasi dalam pembangunan jati diri bangsa. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bermaksud untuk memberikan bekal wawasan dan kepelatihan dasar tentang gerakan revolusi mental berbasis nilai-nilai pancasila di sekolah. Sasaran utama kegiatan ini adalah siswa dan guru diharapkan dapat menjadi pengimbas dilingkungannya. Metode kegiatan yang dilakukan dengan sosialisasi, dan simulasi, mulai pemahaman konsep dan bermain peran di sesuaikan dengan kebutuhan, tingkat perkembangan kognitif dan moral siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan yang signifikan dari segi wawasan dan pemahaman konsep maupun keterampilan yang diharapkan sebagaimana dasar dalam melakukan gerakan revolusi mental, dengan demikian dapat disimpulkan kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai upaya nyata menbangun manusia Indonesia yang berdaulat dan berkeadaban sesuai dengan falsafah bangsa.
Kata kunci : Revolusi Mental, Nilai-nilai Pancasila
Full Text:
PDFReferences
Akhmad Hadi dan Ganefo Ginting (2021) Modul Pelatihan Revolusi Mental Berbasis Pancasila. Depok. Pusdiklat Pegawai Kemdikbud.
Asrori, M. A. R. (2016). Peran Pendidikan Karakter Melalui Revolusi Mental untuk Membangun Generasi Bangsa. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2).
Arnata, W. I., & Surjosepuro, S. (2014). Evaluasi Soft Skills dalam Pembelajaran Mahasiswa Baru di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1), 1-9.
Jarni dan Ganefo Ginting (2021) Modul Pelatihan Revolusi Mental Berbasis Pancasila. Depok. Pudsiklat Pegawai Kemdikbud.
Joni, S. (2021). Paparan Rektor Unila Pada Kongres V Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan (Pp&K)"Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional : Grand Design, Aght, Dan Konsepsi Implementasi "Yogyakarta, 2 - 8 Mei 2021.
Marjuki dan Ganefo Ginting (2021) Modul Pelatihan Revolusi Mental Berbasis Pancasila. Depok. Pudsiklat Pegawai Kemdikbud.
Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. In Forum Ilmiah (Vol. 15, No. 2, p. 9).
Paparan Rektor Unila Pada Kongres V Pendidikan, Pengajaran, Dan Kebudayaan (Pp&K)"Pancasila Dalam Sistem Pendidikan Nasional : Grand Design, Aght, Dan Konsepsi Implementasi "Yogyakarta, 2 - 8 Mei 2021.
RH, Arif (2014). Modul Diklat Pim III: Pengembangan potensi diri, Jakarta: Pusbangtendik.
------------(2006). Bahan Ajar Diklat Revolusi Mental, Jakarta: LAN
------------(2015). Bahan Ajar Pola Pikir, Jakarta: LAN
Suranto, S., & Rusdianti, F. (2018). Pengalaman berorganisasi dalam membentuk soft skill mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 58-65.
http://satrio-aji-p.blogspot.com/2013/03/pancasila-sebagai-jiwa-bangsa.html http://metodeilmiah.com/penjelasan-fungsi-pancasila http://navigasmaritime.blogspot.com/2013/01/implementasi-pancasila-sebagai-jiwa.html http://hukum.kompasiana.com/2013/03/06/pancasila-sebagai-pandangan-hidup-bangsa
Kepmenpan Nomor 25/Kep/M.Pan/4/2002 tentang Nilai-nilai budaya kerja
Handout Para Widiaswara Diklat Revmen Angkatan 2 Pusdiklat Kemdikbud Tahun 2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.