PENTAS SENI MASYARAKAT DAN ANAK SEKOLAH DASAR SEBAGAI WADAH DALAM BERKREASI DI DESA PENENGAHAN

Zulkarnain Zulkarnain, Indah Siti Aisyah, Ira Rahmawati

Abstract


Pentas Seni Bertujuan untuk mewadahi bakat dan minat peserta didik dan masyarakat Desa Penengahan,khususnya dalam bidang seni, Sementara itu, peserta didik dan masyarakat lainnya dapat memberikan apresiasi seni dengan menonton dan menikmati pementasan tersebut. Artikel ini berupaya memberikan gambaran dan penjelasan terkait program kerja Taman Belajar peserta didik dan masyarakat di Desa Penengahan.meliputi proses, tahapan Pemilihan peserta yang akan tampil, latihan dan manfaatnya.Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan model deskriptif- eksplanatif. Hasilnya, masyarakat menerima pemahaman dan wawasan baru dalam hal mewadahi bakat minat seni peserta didik dan masyarakat Di Desa Penengahan. Artikel ini terbatas pada pelaksanaan KKN Periode 1 2023.

Kata Kunci: Pentas Seni, Minat, Bakat, Masyarakat

Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v1i2.106-109


Full Text:

PDF

References


Elvandari, E. (2020). Sistem Pewarisan Sebagai Upaya Pelestarian Seni Tradisi. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik, 3(1), 93-104.

Kismini, E. (2013, June). Eksistensi Budaya Seni Tari Jawa di Tengah Perkembangan Masyarakat Kota Semarang. In Forum Ilmu Sosial (Vol. 40, No. 1).

Noor, N. F. (2019). PELATIHAN NASYID PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP

DAARUT TAUHIID BOARDING SCHOOL BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar public speaking sebagai komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Pratama, R. D., Raji, A., Lubis, H. U., & Suyatna, H. (2021). Pemberdayaan masyarakat melalui program rumah literasi kreatif di Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal of Social Development Studies, 2(2), 1-28.

Ramadhani, E., & Handayaningrum, W. (2017). Upaya Sanggar Kartika Budaya dalam Pengembangan Seni di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1).

Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara.

Wafiroh, H., Setiawan, I., Yonanda, P., & Purnamasari, O. (2021, October). Edukasi dan pelatihan public speaking. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.