PELATIHAN PENYUSUNAN RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY

Bambang Riadi, Rian Andri Andri Prasetya, Rahmat Prayogi, Iing Sunarti

Abstract


Survey awal pada guru-guru di Kecamatan Bangkunat Belimbing menunjukkan bahwa mereka belum memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan kritis (CCT) melalui pembelajaran. Oleh karena itu, Guru-guru tersebut perlu memperoleh informasi (melalui pelatihan) mengenai penyusunan perencanaan pembelajaran (RPP) menggunakan model pembelajaran Inquiry Social Complexity. Pelatihan ini dilaksanakan di SMPN 4 Krui dengan jumlah peserta sebanyak 46 orang yang terdiri dari guru SD, SMP, SMA, dan SMK. Selanjutnya, pelatihan ini menerapkan pelatihan aktif dengan ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan pemberian tugas. Keberhasilan kegiatan ini diukur dari proses maupun hasil pelatihan. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa para peserta pelatihan telah mampu memahami dan menyusun RPP berbasis model pembelajaran Inquiry Social Complexity.

Kata Kunci: Pelatihan, creative dan critical thingking (CCT) skill, Perencanaan Pembelajaran, Inquiry Social Complexity.

Doi: http://dx.doi.org/10.23960/JPSI/v2i1.1-6



Full Text:

PDF

References


Garna, A. W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Model Atom Bahan Semi Konduktor. Universitas Pendidikan Indonesia.

Irwansyah, M., & Ariyansyah, A. (2019). Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Sikap Dan Pengetahuan Siswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 94–102.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389–396.

Leksono, J. W. (2015). Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Proceedingfptk, 437.

Mudiono, A. (2016). Keprofesionalan Guru dalam Menghadapi Pendidikan di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Jurusan KSDP-Prodi S1 PGSD UNM, 43–50.

Patimah, P. (2016). Pendidik Dalam Pengembangan Kurikulum. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1).

Perdana, R. (2019). Analysis of Student Critical and Creative Thinking (CCT) Skills on Chemistry: A Study of Gender Differences. Journal of Educational and Social Research, 9(4), 43.

Perdana, R. (2020). Pengembangan model pembelajaran Inquiry Social Complexity (ISC) untuk memberdayakan Critical and Creative Thinking (CCT) skills. UNS (Sebelas Maret University).

Perdana, R., & Rudibyani, R. B. (2020). The Effectiveness of Inquiry Social Complexity to Improving Critical and Creative Thinking Skills of Senior High School Students. International Journal of Instruction, 13(4), 477–490.

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118–125.

Saputri, A. C. (2015). Hubungan antara Pendekatan Saintifik dan Interaksi Interpersonal Guru IPA dengan Hasil Belajar Siswa SMP. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Shawmi, A. N. (2016). Analisis pembelajaran sains madrasah ibtidaiyah (MI) dalam kurikulum 2013. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 121–144.

Umamah, N. (2014). Kurikulum 2013 dan Kendala yang Dihadapi Pendidik dalam Merancang Desain Pembelajaran Sejarah.

Wahyuni, D. E. (2015). Implementasi pembelajaran scientific approach dengan soal higher order thinking skill pada materi alat-alat optik kelas X di SMA Nahdlatul Ulama’1 Gresik. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3).

Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.