EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU PADA PEMBELAJARAN
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membawa perspektif baru pada tatanan kehidupan, terutama dunia pendidikan yang dituntut dapat mengikuti perubahan dan perkembangan tersebut. Kemampuan guru diharapkan dapat menyampaikan pembelajaran secara kolaboratif, dengan metode yang bervariatif dan mendapatkan hasil yang optimal pada peserta didik. salah satu komponen yang mendukung dalam penyampaian pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang baik dan efektif menjadi tantangan bagi guru. Metode penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) terkait efektivitas pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap keterampilan guru pada pembelajaran. Pendekatan pencarian informasi berupa artikel melalui laman Google Scholar atau Google Cendikia, dengan kata kunci “Efektivitas Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Keterampilan Guru Pada Pembelajaran”. Hasil literature review bahwa dengan mengikuti pelatihan, keterampilan guru dalam mengembangkan media dapat mengikuti pesatnya perkembangan teknologi menjadi lebih update, sehingga menarik minat serta semangat motivasi peserta didik dalam belajar, dan terciptanya pembelajaran interaktif, efektif, dan efisien.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pelatihan, Teknologi Informasi, Keterampilan Guru
Full Text:
PDFReferences
Ansar, A., & Asrirawan. (2020). Pelatihan Geogebra Pada Materi Bangun Datar bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kec. Wonomulyo. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.30605/atjpm.v2i1.386
Arifin, U., Purwasih, R., & Santana, F. D. T. (2020). Transfer Iptek Mathematic Realistic Worksheet Berbasis ICT Kepada Guru-Guru SDIT dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Matematis pada Konsep Geometris. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 380–387. https://doi.org/10.21067/jpm.v5i1.3548
Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i2.812
Diputra, K. S., Ketut, N., Tristiantari, D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. Journal of Character Education Society, 3(1), 118–128. https://doi.org/http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Fitrianingtyas, A., Zuhro, N. S., Jumiatmoko, Nurjanah, N. E., & Sholeha, V. (2021). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Smartphone bagi Pendidik PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 28–37. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.48
Hasan, B., & Hermanto, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AutoPlay bagi Kelompok Kerja Guru Kecamatan Geger di Kabupaten Bangkalan Training on Creating AutoPlay Based Learning Media for Teacher Working Groups in Geger District , Bangkalan Regency. 1(2), 53–59.
Istighna, L. N., Dewi, F., & Putri, S. U. (2017). Pelatihan Pembuatan Layout Komik Digital dengan Menggunakan Powerpoint untuk Mengembangkan Kemampuan Penggunaan Teknologi pada Guru RA Miftahul Jannah di Purwakarta.
Istiqomah, I., Agustito, D., Sulistyowati, F., Yuliani, R., & Irsyad, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Community Empowerment, 6(3), 464–471. https://doi.org/10.31603/ce.4425
Mulyo, H., Sa’diyah, K., Noviyani, D., Ameliya, A., Nikmah, R., & Hidayat, A. M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran “Karpet Ajaib” untuk Meningkatkan Keterampilan Guru di MI Al-Islam Krasak Jepara. Abdimas Universal, 3(1), 67–72. https://doi.org/: https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v3i1.110
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832
Novitasari, A. T., Sari, I. P., & Miftah, Z. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 66–73. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i1.1848
Rasyid, A. L. A., Nurmaya.G, A. L., Irsan, I., Amelia, W., & Muhammad, R. M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(1), 53–60.
Santoso, B. (2010). Skema dan mekanisme pelatihan: panduan penyelenggaraan pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.
Sari, N. K., Purbosari, P. M., Prasetyo, K., & Angganing, P. (2021). IbM Pelatihan Pembuatan Media Pembelaharan Interaktif Berbasis ICT Bagi Guru SDN Dalangan 02 dan 03 Tawangsari. Jurnal Terapan Abdimas, 6(1), 86. https://doi.org/10.25273/jta.v6i1.7506
Shavab, O. A. K. (2020). Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Edmodo Pada Pembelajaran Sejarah. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 14(2), 142. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p142-152
Surachman, E. (2013). Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatkan Efektifitas Pembelajaran Serta Profesionalitas Pendidik di SMP Negeri 194 Jakarta. Jurnal Sarwahita, 13, 111–119. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/sarwahita.132.06
Syaribuddin, S., Khaldun, I., & Musri, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dengan Media Audio Visual pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2), 96–105. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Umbara, U., Rosyid, A., & Setiawan, D. L. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash Menggunakan Adobe Animate bagi Guru SMP di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 93–104. https://doi.org/10.30653/002.201941.84
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26–40. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.74
Zikra Syah, A., Rizaldi, R., Siagian, Y., Sitohang, N., & Muhazir, A. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Bagi Guru-Guru Sman 02 Tanjungbalai. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v1i1.380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia