Konsep Analisis Pengembangan Model TPACK Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Penggunaan teknologi dalam proses belajar menjadi isu yang paling sering dibahas oleh para praktisi dan para pihak pendidikan. Adanya teknologi yang saat ini semakin berkembang,semua aspek pada keseharian hidup manusia saat ini memerlukan peran dari teknologi. Pengaruh penggunaan teknologi ini sangat besar terutama dalam memberikan ide baru terhadap pendidikan di Indonesia. Model pembelajaran dengan acuan TPACK dianggap sebagai model pembelajaran yang masih baru yang mampu menjadi alternative dalam menunjang kesuksesan proses belajar. Artikel ini membahas hasil kajian literature mengenai konsep TPACK dan memberikan analisis pengembangan model pembelajaran TPACK dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Artikel ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana teknik pengumpulan data diambil dari hasil observasi studi dokumen dari artikel-artikel sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan TPACK ialah salah satu model yang dapat dipakai dalam merancang konsep pembelajaran Bahasa Inggris. Model pembelajaran TPACK yang menggunakan teknologi sebagai media dan sumber belajar ialah salah satu bentuk upaya dunia pendidikan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi masa sekarang. Hasil dari analisis artikel ini dapat menjadi rujukan bagi pengembangan model pembelajaran Bahasa Inggris dalam era baru ini.
Full Text:
PDFReferences
Andriany, Y., & Adnan, A. (2022). An Analysis of EFL Teachers’ Perceptions on the Integration of TPACK in Teaching English at SMA-Man in Solok. Journal of English Language Teaching, 11(2), 304-313.
Zulfitri, Z., & Nasution, I. N. (2022, April). PELATIHAN PENULISAN MATERI AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) BAGI GURU–GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERPADU AL FARABI KEC. SUNGGAL. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN (Vol. 5, No. 1, pp. 355-361).
Haryati, S., Yuliasri, I., Nurkamto, J., & Fitriati, S. W. (2022, September). Perancangan Media Pengajaran Digital Berbasis TPACK: Digitalisasi Media Pembelajaran dalam Habitus Baru Pendidikan Pasca Pendemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 5, No. 1, pp. 1023-1029).
Sagita, M., Yuliasri, I., Sakhiya, Z., & Pratama, H. (2022, September). Implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) bagi Guru Bahasa Inggris dalam pembelajaran Bahasa dengan Penggunaan BOT Telegram. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 5, No. 1, pp. 734-740).
Farikah, F., & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological pedagogical and content knowledge (TPACK): the students’ perspective on writing class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190-199.
Farikah, F. (2020, October). Mengembangkan Kemandirian Belajar melalui Materi Pembelajaran Menulis Paragraf Berbasis TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). In SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan" (Vol. 1, No. 1).
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).
Al Firdaus, M. M., & Yuwono, A. TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK): SEBUAH KERANGKA PENGETAHUAN UNTUK PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS.
Taopan, L. L., Drajati, N. A., & Sumardi, S. (2020). TPACK framework: challenges and opportunities in efL classrooms. Research and Innovation in Language Learning, 3(1), 1-22.
Solihah, M. A. Persepsi Mahasiswa dan Instruktur tentang Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Instrukstur Bahasa Inggris di Indonesia. Teknodika, 17(1), 76-89.
Rahayu, S. (2017, October). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX (pp. 1-14).
Rohmah, W. (2016). Upaya meningkatkan pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam peningkatan profesionalisme guru.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia