IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Yayuk Satyowati, Muhammad Nurwahidin, Dwi Yulianti

Abstract


Teori belajar akan sangat membantu pendidik dalam menyesuaikan model dan strategi pembelajaran yang akan diterapkan dalam setiap tahapan pemberian materi. Setiap manusia pasti mempunyai potensi yang terdapat pada dirinya dan dapat digunakan untuk  peningkatan diri masing-masing. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk memahami teori belajar humanistme secara lebih luas, dan implementasinya dalam proses pendidikan di sekolah dasar. Walaupun seorang guru memiliki teori belajar yang baik, namun seandainya tidak ditopang dengan metode yang baik pula, maka dimungkinkan hasil yang akan didapatkan tidak akan selaras dengan capaian yang telah ditetapkan. Teori belajar humanistic adalah aturan yang termasuk ke dalam bidang pendidikan dan digunakan  sebagai bahan untuk meningkatkan kecakapan siswa. Pembelajaran dipandang berhasil apabila siswa memahami lingkungan dan dirinya sendiri. Teori humanis sangat penting dari sudut pandang pembelajaran dan pendidikan pada umumnya, karena teori ini selalu memacu peningkatan kualitas yang menghargai kemungkinan-kemungkinan alam, dalam hal ini semua kemungkinan positif yang ada pada setiap orang.


Full Text:

PDF

References


Anggaraeni, F. D. (2002). Pembelajaran Melek Media Pada Siswa Sekolah Dasar (Pendekatan Teori Belajar Humanistik).

Anzora, A. (2017). Analisis Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menerapkan Teori Belajar Humanistik. Jurnal Gantang, 2(2), 99-103.

Arbayah, A. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu.

Armedyatama, F. (2021). Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha, 1(1), 11-18.

Dinata, F. R. (2020). Pembelajaran Humanistik Dalam Mendorong Pengembangan Afeksi. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 48-57.

Ekawati, M., & Yarni, N. (2019). Teori belajar berdasarkan aliran psikologi humanistik dan implikasi pada proses belajar pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 266-269.

Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209-230.

Mastoah, I., Yufiarti, Y., & Supena, A. (2021). IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MIS CIWARU KOTA SERANG: teori belajar humanistik. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(1), 31-42.

Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dengan Teknologi Pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475-1486.

Muchlis Solichin, M. (2018). Teori Belajar Humanistik Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam: Telaah Materi Dan Metode Pembelajaran. ISLAMUNA Jurnal Studi Islam, 5(1), 1-12.

Mujib, Z., & Suyadi, S. (2020). Teori Humanistik dan Implikasi dalam Pembelajaran PAI di SMA Sains Alquran Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 11-23.

Nast, T. P. J., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 270-275.

Perni, N. N. (2018). Penerapan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 105-113.

Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Saputri, S. (2022). Pentingnya Menerapkan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Jenjang Sekolah Dasar. EduBase: Journal of Basic Education, 3(1), 47-59.

Sarnoto, A. Z. (2017). Aspek Kemanusiaan Dalam Pembelajaran Humanistik Pada Anak Usia Dini. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 6, 11-16.

Solichin, M. M. (2018). Teori belajar humanistik dan aplikasinya dalam pendidikan agama islam. Jurnal Islamuna, 5(1).

Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori Belajar humanistik dan Implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama islam. Fondatia, 3(2), 1-18.

Suprobo, N. (2008). Teori Belajar Humanistik. Diakses di http://novinasuprobo. wordpress. Com/2008/06/15/teori-belajar-humanistik/tanggal, 12.

Yuliandri, M. Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia