EFEKTIFITAS TEKNOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP TEORI BELAJAR

Yuni Sugihati, Muhammad Nurwahidin, Dwi Yulianti

Abstract


Kehadiran teknologi saat ini memberikan cahaya baru dalam dunia kehidupan bermasyarakat, baik untuk bekerja maupun untuk mengajar. Artikel ini mencoba mengkaji efektifitas teknologi pendidikan terhadap teori belajar menggunakan sebuah metode Literature Review. Data yang dikumpulkan berupa artikel pada jurnal nasional dengan rentang tahun 2014 hingga tahun 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi adalah bagian penting dari zaman milenial dimana industri berevolusi dan berkembang dengan luas. Dan di dunia pendidikan, teknologi membawa hal baru pada kurikulum pembelajaran dan juga peningkatan media perangkat pembelajaran. Pelaku pendidikan bersaing dan bereksperimen menciptakan kolaborasi siklus pembelajaran antara teori belajar dan pembelajaran berbasis teknologi pendidikan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya korelasi yang saling menguntungkan antara teknologi pendidikan dan teori belajar dalam implementasi pembelajaran baik untuk siswa maupun untuk guru. Karena teknologi pendidikan dan teori belajar merupakan unit yang dibutuhkan dalam sistem pembelajaran, pendidikan dan teknologi perlu saling berintegrasi agar anak-anak sebagai bibit-bibit pilar bangsa dapat berkembang dan beradaptasi dengan kecanggihan teknologi di zaman ini. 


Full Text:

PDF

References


Z. Zulhammi, “Teori Belajar Behavioristik dan Humanistik dalam perspektif Pendidikan Islam,” DARUL’ILMI J. Ilmu Kependidikan dan Keislam., vol. 3, no. 1, pp. 105–125, 2016.

U. F. Hidayati, M. Claramita, and Y. S. Prabandari, “Aplikasi Teori Belajar Berkaitan dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa,” J. Keperawatan Indones., vol. 20, no. 1, pp. 9–16, 2017, doi: 10.7454/jki.v20i1.322.

R. Tauhid, “Dasar-Dasar Teori Pembelajaran,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 32–38, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/109

V. R. Mokalu, J. K. Panjaitan, N. I. Boiliu, and D. A. Rantung, “Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 1475–1486, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.2192.

Wiranta, et.al., “Penerapan Teori Belajar Skinner,” Saliha, vol. 5, no. 1, pp. 78–91, 2022.

Y. Wisman, “Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran,” J. Ilm. Kanderang Tingang, vol. 11, no. 1, pp. 209–215, 2020, doi: 10.37304/jikt.v11i1.88.

I. Rusul, “UK Network of Mindfulness Teacher Training Organisations (www.mindfulnessteachersuk.org.uk) Good Practice Guidance for Teachers UK Network for Mindfulness-Based Teachers Good practice guidelines for teaching mindfulness-based courses,” vol. 8, pp. 38–54, 2015, [Online]. Available: http://mindfulnessteachersuk.org.uk/pdf/UK MB teacher GPG 2015 final 2.pdf

M. Miswar, “Teori Pembelajaran Cbsak Sebagai Sebuah Teori Alternatif,” J. Basicedu, vol. 1, no. 2, pp. 33–41, 2018, doi: 10.31004/basicedu.v1i2.4.

S. Achyanadia, “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sdm,” J. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 11–21, 2016, doi: 10.32832/tek.pend.v5i1.486.

M. F. Rosyid, R and U. Baroroh, “Teori Belajar Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” لسـانـنـا J. Ilmu Bhs. Arab dan Pembelajarannya, vol. 9, no. 1, p. 92, 2020, doi: 10.22373/ls.v9i1.6735.

D. Amsari, “Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Basicedu, vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2018, doi: 10.31004/basicedu.v2i2.49.

U. N. Pratama and H. Haryanto, “Pengembangan game edukasi berbasis android tentang domain teknologi pendidikan,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 167–184, 2018, doi: 10.21831/jitp.v4i2.12827.

N. Hasibuan, “Pengembangan Pendidikan Islam Dengan Implikasi Teknologi Pendidikan,” FITRAHJurnal Kaji. Ilmu-ilmu Keislam., vol. 1, no. 2, p. 189, 2016, doi: 10.24952/fitrah.v1i2.313.

A. Ali and E. Erihadiana, “Peningkatan Kinerja Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ,” J. Dirosah Islam., vol. 3, no. 3, pp. 332–341, 2021, doi: 10.47467/jdi.v4i1.445.

E. Elihami and A. Saharuddin, “Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2018, doi: 10.33487/edumaspul.v1i1.34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia