Peran Teknologi Dalam Pelaksanaan Program Di Pondok Pesantren : A Systematic Literature Review (SLR)

Eko Wiyanto, Sudjarwo Sudjarwo, Muhammad Nurwahidin

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi yang dikembangkan manusiapun semakin beragam. Perkembangan teknologi ini pun telah menyentuh berbagai lini kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pondok pesantren sebagai model pendidikan tertua di Indonesia, dikenal dengan sistem penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan yang tradisional bahkan sebagian dianggap acuh terhadap perkembangan teknologi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas pendidikan agar tidak terganggu dunia luar. Penelitian ini dilakukan melalui studi literatur atau Systematic Literature Review (SLR) dengan tujuan untuk mengetahui peran teknologi dalam pelaksanaan program di pondok pesantren. Lalu didapatlah 15 literatur yang sesuai dengan tujuan penelitian. Setelah dianalisis, 15 literatur tersebut menunjukkan bahwa teknologi berperan efektif dalam mendukung pelaksanaan program di pondok pesantren, yakni sebagai media pembelajaran, memfasilitasi pelayanan koperasi, memudahkan pengelolaan keuangan santri dan pondok pesantren, mengembangkan sumber daya santri lewat teknologi tepat guna dan kreatifitas, serta memberikan manfaat lebih luas berupa produksi air siap minum bagi masyarakat sekitar.


Full Text:

PDF

References


Athoillah, Akhmad Yunan. 2018. Pengaruh penerapan teknologi informasi terhadap kinerja karyawan di Koperasi Pondok Pesantren Mambaul Khoiriyatil Islamiyah (MHI) Jember. OECONOMICUS Journal of Economics, 3 (1). pp. 1-20. ISSN 2715-4882 https://doi.org/10.15642/oje.2018.3.1.1-20

Anwas, O. M. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pesantren Rakyat Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 207-220. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.187

Damanhuri, A., Mujahidin, E., dan Hafidhuddin, D. 2013. Inovasi Pengelolaan Pesantren dalam Menghadapi Persaingan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Tadibuna 2(1) : 1-37. DOI: http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v2i1.547

Dewi, R., K., Ardian, Q., J., Sulistiani, H., dan Isnaini, F. 2021. Dashboard Interaktif untuk system Informasi Keuangan pada Pondok Pesantren Mazroatululum. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 2(2) :116-121. DOI: https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i2.883

Fahlefi, R., Putra, M., D., Alimin, dan Nopiardo, W. 2022. Pemanfaatan Teknologi dalam Pengelolaan Keuangan Santri melalui Penggunaan Software Akuntansi dan Voucher Belanja di Pesantren. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8(2) : 1463-1469. DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i2.5241

Fatimah, S., dan Suib, M., S. 2019. Transformasi Sistem Pembayaran Pesantren melalui E-Money di Era Digial (Studi Pondok Pesantren NUrul Jadid). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Unnisula 20(2) : 96-108. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/ekobis/article/download/4978/3158

Firmansyah, Y., dan Udi. 2018. Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika 4(1) : 184-191. DOI: https://doi.org/10.26905/jtmi.v4i1.1605

Hermanto, A., Maqsudi, A., & Halik, A. 2022. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Revitalisasi Koperasi Pondok Pesantren At-Tanwir. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 547554. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i6.294

Indriatmoko, R., H., Setiadi, I.,dan Yudo, S. 2020. Diseminasi Teknologi Pengolahan Air Siap Diminum Bagi Masyarakat Studi Kasus: Diseminasi di Pesantren Syubannul Yaum Tenajar Kertasemaya Indramayu Jawa Barat. Jurnal 13(1): 35-49. DOI: https://doi.org/10.29122/jrl.v13i1.4291

Kasim, F., Ridwan, M. K., & Putra, M. Y. A. 2018. Pengolahan Sampah Plastik Memakai Teknologi Pirolisis Untuk Pembelajaran dan Konservasi Lingkungan di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang, Jawa Tengah. Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(2), 5763. https://doi.org/10.14421/jbs.1230

Kitchenham, Barbara, Charters, S., David, B., Turner, M., dan Brereton, P. 2007. Systematic Literature Review of the technology Acceptance Model and its. Keele University and University of Durham Joint.

Kristiawan, M. 2015. A Model of Educational Character in High School Al-Istiqomah Simpang Empat West Pesanan West Sumatera. Research Journal of Education 1(2): 15-20

Mansur, A., H., Husaini, A., Mujahidin, E., dan Tafsir, A. 2016. Model Pengajaran Karakter Kejujuran Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Inovasi Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Azhaar Lubuklinggau). Jurnal Pendidikan Islam Tadibu 5 (1) : 1-25. DOI : http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v5i1.584

Rajab, R., Zulmuqim, Z., & Hidayatullah, R. 2020. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ‎TEKNOLOGI INFORMASI PADA PESANTREN DI ‎SUMATERA BARAT. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 246-266. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.246-266

Sari,H. P.,Setiawan, W.H.2021. Peningkatan Teknologi Pendidik Pesantren Anak Sholeh melalui MEMRiSE: Coaching & Training.Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat,1(3), 81-90. https://doi.org/10.37478/abdika.v1i3.1123

Siswanto.2010. Systematic review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintesis Hasil Hasil Penelitian (SebuahPengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 13 (4) : 326333.

Susanto, D. 2017. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Santri Berbasis Teknologi Tepat Guna di Pondok Pesantren (Perspektif Dakwah). Jurnal Ilmu Dakwah 37(2) : 247- 283. DOI: 10.21580/jid.v37.2.2707

Syafei, Imam. 2017. Model Kurikulum Pesantren Salafiyah dalam Perspektif Multikultural. Jurnal Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, Edisi II.

Wibawa, A., P., Ashar, M., dan Patmanthara, S. 2021. Transfer Teknologi Pembuatan Curriculum Vitae dan Poster untuk Siswa Pondok Pesantren Al-Munawwaroh. Jurnal Belantika Pendidikan 4(2) : 77-81. https://scholar.archive.org/work/pqkfsombcjdlpcvrsxhzuw6mje/access/wayback/https://kayonmedia.com/jurnal/index.php/bp/article/download/107/65


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia