Filosofi Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Eni Purwanti, Sudjarwo Sudjarwo, Muhammad Nurwahidin

Abstract


Filosofi pendidikan karakter adalah sistem nilai dan norma yang bila dipilih dapat dilaksanakan secara tepat sasaran. Permasalahan yang terjadi abad ke 21 dapat diatasi melalui pendidikan karakter. Hasil belajar siswa dapat terpengaruhi oleh rendahnya kepribadian yang dimiliki siswa.  Penelitian yang dilakukan pada artikel ini bertujuan untuk untuk mengetahui adanya dampak dari pendidikan karakter yang berasal dari siswa SD dan penerapannya di berbagai bidang studi. Hasil dari belajar siswa mampu ditingkatkan melalui pendekatan pendidikan karakter sehingga meningkatkan karakter siswa. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Lihat artikel pendidikan karakter dan hasil belajar siswa dengan mencari artikel di Google Scholar. Terdapat 15 artikel jurnal yang layak untuk diteliti. Temuan menunjukkan bahwa hasil dari belajar siswa dan dampak positif pada pembelajaran siswa dihasilkan dari pendidikan karakter.


Full Text:

PDF

References


Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Penerapan Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107-115.

Basri, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan

Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 247-251.

Danis, A., & Siregar, S. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pendidikan Karakter Dan Hasil Belajar PKn SISWA KELAS V SDN 064981 Medan. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 67-75.

Efendi, R., Ningsih, A. R., & Siregar, P. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 006 Rambah Samo. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 555-563

Hakpantria, H., Shilfani, S., & Tulaktondok, L. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Filosofi Tongkonan Pada Era New Normal Di SD Kristen Makale 1. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(3)

Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51-60.

Harun, C. Z. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jurnal pendidikan karakter, 4(3).

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14-22.

Manullang, B. (2013). Grand desain pendidikan karakter generasi emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola pelaksanaan pendidikan karakter terhadap siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).

Muslich, A. (2018). Nilai-Nilai Filosofis Masyarakat Jawa Dalam Konteks Pendidikan Karakter Di Era Milenial. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2).

Mustadi, A. (2006). Penanaman Nilai-Nilai Agama dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 8(1).

Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter.

Putra, A. (2021). Systematic Literature Review: Media Video Blog (Vlog) pada Pembelajaran Matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3(1), 111-121.

Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54

Rudisa, R., Elpisah, E., Fahreza, M., & Yahya, M. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6227-6235.

Ritonga, M. N. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Jurnal Education and Development, 9(2), 664-668.

Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran tematik berbasis pendidikan karakter di kelas V sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572-581.

Safitri, K. (2020). Pentingnya pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264-271.

Satrianingsih, A. R. O. (2021). Pengaruh media pembelajaran interaktif tari Melinting terhadap hasil pendidikan karakter dan hasil belajar seni tari. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1).

Sitorus, M., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 828-835


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia