STUDY LITERATURE : TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Fharoza Yuliska Putri, Muhammad Nurwahidin, Dwi Yulianti

Abstract


Pendidikan di sekolah sudah seharusnya menjadi acuan bagi perkembangan talenta bakat, pikiran serta karakter yang baiknya dimiliki peserta didik. Penggunaan metode yang variatif dan gaya belajar yang tidak monoton merupakan strategi pendidik memakai teknik yang sesuai dan disukai oleh murid. Teori behavioristik ini adalah teori yang berfokus kepada terjadinya perilaku yang berubah sebagai hasil belajar siswa. Pada penerapannya guru sangat berperan penting dalam memberikan stimulus agar menimbulkan respon dari siswa. Penelitian ini bertujuan menerangkan tentang implikasi teori behavioristik dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan jenis penelitian studi literatur.Temuan pada penelitian ini menggambarkan bahwa teori bevarioristik ini jelas menunjukkan implikasinya dalam pembelajaran bahkan dalam hampir semua lingkup bidang ilmu yang tersaji dalam data tabel. Tejadinya perubahan perilaku dengan pendekatan teori behavioristik ini menjadi tolak ukur efektifitas dari penerapan teori belajar ini.


Full Text:

PDF

References


Hergenhahn, B.R., and Olson, Mathew H. (1993). An Introduction to Theories of Learning (4th Ed). Prentice Hall. New Jersey.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rhisnawati, H. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Behavioristik Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Perilaku Siswa SD Negeri Ketangi Kaliangkrik. Skripsi. Universitas Muhammdiyah Magelang.

Rahmasari, D. N. 2019. Penerapan Teori Belajar Behavior dalam Pembelajaran Matematika Keuangan.

Pratama, Y. A. 2019. Relevansi Teori Belajar Behaviorisme terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol 4 (1) : 39-49.

Shahbana, E. B., Farizqi, F. K., & Satria, R. 2020. Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol. 9 (1) hal: 24-33.

Hermansyah. 2020. Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran SD/MI. MODELING:Jurnal Program Studi PGMI Vol 7 (1);15-25.

Sulaswari, M., Faidin, N., & Muh.Sholeh. 2021. Teori Belajar Behaviorisme: Teori Dan Praktiknya dalam Pembelajaran IPS. Al-Hikmah:Journal of Education Vol. 2 (2) : 131-144.

Indrawan, D. 2021. Implikasi Aliran Behavioristik dan Kognitif terhadap Perkembangan Belajar dan Tingkah Laku dalam Pembelajaran. Jurnal Basicedu Vol 5 (6) : 5151-5158.

Saufiqi, A. 2021. Penerapan Teori Behaviorisme Ivan Pavlov Terhadap Perilaku Islami Siswa Di Kelas X (Sepuluh) Sekolah Menengah Kejuruan Putra Nusantara 4 Bengkulu Tengah. Skripsi. IAIN. Bengkulu.

Dhori, M. 2021. Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung. Heutagogia:Journal of Islamic Education Vol. 1 (1) : 95-107.

Oktavia, L. & Maemonah. 2022. Penerapan Teori Belajar Behavioristik B.F Skinner dalam Memotivasi Siswa pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Instructional Development Journal (IDJ) Vol. 5 (1) : 53-61.

Slavin, Robert E., 2006, Educational Psychology: Theory and Practice, 8th Edition, Pearson Education, Inc.

Irham, W. (2015). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta; Arr-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia