Studi Literatur: Meningkatkan Self-Confidence Anak Slow Learner dengan Student Centered Play Therapy
Abstract
Kelemahan kognitif (cognitive impairment) diantarannya anak dengan keterlambatan belajar. Anak membutuhkan waktu belajar yang lebih lama dibandingkan dengan anak lainnya. Pada dasarnya Manusia memiliki rasa percaya diri, namun dengan tingkatan yang berbeda-beda. Rasa percaya diri diperlukan dalam segala aspek. Siswa sebagai si penerima pesan dari pembelajaran diharapkan dapat memperoleh kemampuan adaptasi terhadap perubahan-perubahan. Termasuk perubahan pada sistem belajar, materi ajar, situasi belajar dan lain sebagainya. Perubahan selalu terjadi dalam segala konteks kehidupan, sepanjang hayat hidup manusia. Penelitian ini memiliki misi yaitu meningkatkan kepercayaan diri anak slow learner dengan layanan bimbingan kelompok menggunakan Student Centered Play Therapy. Desain penelitian ini menggunakan SLR dengan mencari artikel-artikel terkait dengan anak lamban belajar dan keterkaitan dengan konseling, Student Center Learning teori Rogers dan kepercayaan diri. Didapatkan bahwa tumbuhnya rasa percaya diri anak slow learner dengan memanfaatkan dinamika dalam konseling kelompok menggunakan student centered play therapy.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, M., Amjad, N., Rafique, R., & Anjum, A. (2016). EFFICACY OF COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY IN MANAGING BEHAVIORAL PROBLEMS OF SLOW LEARNER CHILDREN. In Pakistan Journal of Clinical Psychology (Vol. 15).
Alawiyah, S., & Supriatna, M. (2022). COGNITIVE COUNSELING IN IMPROVING LEARNING ACHIEVEMENT OF SLOW LEARNER STUDENTS (Vol. 2). http://conference.uin-suka.ac.id/index.php/icigc
Andiwatir, A., Nay, F. A., & Talan, R. (2021). Model Pembelajaran SCL (Student Center Learning) pada Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) Sekolah Menengah Pertama. Model Pembelajaran SCL (Student Center Learning) Pada Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) Sekolah Menengah Pertama, 5(2), 117. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i2.19595
Asmar, A., & Delyana, H. (2022). IMPROVED PROBLEM SOLVING SKILLS SLOW LEARNER STUDENTS IN ELEMENTARY SCHOOL THROUGH THE USE OF CONSTRUCTIVISM LEARNING MODEL. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1411. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5487
Boeriswati, E. (n.d.). International Journal of Multidisciplinary and Current Research Peers’ Instructional Interactions in Inclusive Classrooms: Slow Learner Students and Typical Students. J. of Multidisciplinary and Current Research, 5. http://ijmcr.com
Dingxiang Zhou. (2020). Cognitive Tactics for Chinese Language Teachers to Address Slow Learner Issue in Lower Grades Primary School.
Eka Rindiani, D., & Safitri, D. (2018). BENTUK KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA SLOW LEARNER DALAM PEMBELAJARAN (Studi Kasus Siswa Slow Learner SMP Budi Waluyo Jakarta) (Vol. 02, Issue 1).
Ekowati, D. (2014). AFFECTIVE BIBLIOTHERAPHY UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM.
Firdaus, A. Y. (2021). Penggunaan Media MBB AR dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Karakter Siswa Slow Learner. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 781–800. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.354
Haryanti, N. (2022). Layanan Pendidikan Anak Lamban Belajar (Slow Learner) di Sekolah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 437. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1006
Iswinarti, I., & Hormansyah, R. D. (2020). Meningkatkan harga diri anak slow learner melalui Child Centered Play Therapy. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 319–334. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.3491
Jannah, U. R., Basri, H., Hafsi, A. R., Linarsih, Y., & Utami, M. R. (2021). Understanding Concepts of Multiplication Number for Slow Learner Student Through Meaningful Learning at Inclusion School.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Modul a Penguatan Pendidikan Karakter.
Korikana, A. (2020). “SLOW LEARNERS- A UNIVERSAL PROBLEM AND PROVIDING EDUCATIONAL OPPORTUNITIES TO THEM TO BE A SUCCESSFUL LEARNER.” PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.20319/pijss.2020.61.2942
Lee, C., Seo, J., & Jung, H. (n.d.). Training Domain-invariant Object Detector Faster with Feature Replay and Slow Learner. https://github.com/2-Chae/A-NDFT
Manikmaya, P., & Prahmana, R. C. I. (2021). SINGLE SUBJECT RESEARCH: PEMBELAJARAN PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI BERPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA SLOW LEARNER. Journal of Honai Math, 4(1), 35–48. https://doi.org/10.30862/jhm.v4i1.172
Mansor, M. (2019). A Step-by Step Process in Designing Personalized Reading Content for Slow Learner Children. International Journal of Humanities, Management and Social Science, 2(2), 95–102. https://doi.org/10.36079/lamintang.ij-humass-0202.38
Mumpuniarti, M., Handoyo, R. R., Pinrupitanza, D. T., & Barotuttaqiyah, D. (2020). Teacher’s pedagogy competence and challenges in implementing inclusive learning in slow learner. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 217–229. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28807
Mutmainah, M. (2020). Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitive Restructuring dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Slow Learner. In Bulletin of Counseling and Psychotherapy (Vol. 2, Issue 1). https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp
Nurshobah, D., Awalya, A., & Sunawan, S. (n.d.). The Effectiveness of Rational Emotive Behavior Therapy Counseling to Increase Self Esteem of Slow Learner Children. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk
OPTIMALISASI PELAYANAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK SLOW LEARNER DAN PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI SEKOLAH INKLUSI. (n.d.).
Pratama, F. I. P., Kristiyanto, A., & Widyastono, H. (2020, September 5). Analysis of self-confident character on slow learner students in learning at the inclusive elementary school in Surakarta. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452185
Pratomo Andi Widodo, A., Hufad, A., & Bayu Dani Nandiyanto, A. (2020). COLLABORATIVE TEACHING IN HEAT TRANSFER FOR SLOW LEARNER STUDENTS. In Journal of Engineering Science and Technology Special Issue on AASEC2019.
Psikologi UIN Sunan Kalijaga, P., & Marsda Adisucipto Yogyakarta, J. (2018). Efektivitas Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) di SDN Demangan. In Jurnal Psikologi Integratif Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga (Vol. 6).
Puspitasari, F., Ediyanto, E., Efendi, M., & Sunandar, A. (2021). Improving Reading and Calculation Ability through Audio Visuals Media in Indonesian Elementary School Student with Slow Learner: A Literature Study. IJDS: Indonesian Journal of Disability Studies, 8(02), 481–486. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2021.008.02.14
Taufik, M., Kejora, B., Sittika, A. J., & Syahid, A. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Humanistik Melalui Kearifan Lokal dan Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Panti Asuhan. Dharma Raflesia Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(01), 111–123.
Trisnani, R. P., Ramli, M., & Radjah, C. L. (2020). The Concept of Rational Emotif Behavior Therapy Approach in Building Self-Esteem for Slow Learner Children. https://doi.org/10.33258/birci.v4i3.2124
Widyana, R., & Dewi, N. S. (2020). The use of pictorial media card to improve the initial reading ability of slow learner students. Jurnal Psikologi Ulayat. https://doi.org/10.24854/jpu121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia