Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran dan Pengembangan Sains Dengan Filsafat Sebagai Landasan Ilmu
Abstract
Hakikatnya manusia selalu berusaha dalam meningkatkan ilmu pengetahuannya, tidak sekedar pengetahuan namun kebenaran yang sebenar-benarnya. Mempelajari suatu pengetahuan melalui filsafat merupakann proses menghadirkan pengetahuan yang benar juga secara bjektif, baik karena tuntutan majunya zaman mau pun kepuasan diri. Dalam prosesnya pada pembelajaran, tidak sedikit terjadinya kesalah pahaman mengenai suatu materi yang disampaikan oleh guru kepada peserta didik dikarenakan kurang optimalnya aktivitas dalam pembelajaran menjadikan perbedaan penafsiran diantara peserta didik. Media pembelajaran dapat digunakan untuk menunjang meningkatkan interaksi aktif dalam proses pembelajaran jika media pembelajran didesain dan dipilih dengan tepat dengan menyesuaikan kondisi dan tujuan belajar. Memiliki peran penting, filsafat ilmu dan Pendidikan dalam pengembangan media pembelajaran, baik dari segi ide dan fakta, dimensi abstrak sampai konkret secara teoritis hingga praktis. Akan terbentuk nilai-nilai praktis yang tertuju pada kecakapan dan hasil belajar, ketika pendekatan filsafat ilmu dan Pendidikan secara ontologis, epistimologis, kemudian aksiologi dalam pengembangan media pembelajaran dirangkai menyesuaikan dengan tujuan praktisnya.
Full Text:
PDFReferences
Hamdani. (2011). Filsafat Sains. Bandung: Pustaka Setia, p. 72-73.
Windhari, A.E. (2013). Studi Komparasi Hasil Belajar IPA Antara Model Pembelajaran Brain Based Learning dan Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksar, p. 136
Collete, A.T. & Chiapetta, E.L. (1994). Science Instruction in The Middle and Secondary Schools (3rd edition). New York: Merrill.
Schramm, W. (1977). Big Media Little Media. London: Sage Public-Baverly Hills.
Sadiman, A. S. (1986). Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 6 Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: CV Rajawali
Kemp, J.E. & Dayton, D.K. (1985). Planing and Producing Instructionnal Media. Cambridge: Harper and Row Publisher, New York
Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo, p. 23
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia