Filsafat Ilmu Sebagai Pembentuk Karakteristik Pengembangan LKPD Dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Filsafat ilmu dan matematika memiliki keterkaitan dalam aspek ilmu pengetahuan yang berguna untuk membentuk karakteristik peserta didik. Logika, statistik, geometri, aljabar, kalkulus serta matematika dikatakan sebai alat untuk berpikir secara ilmiah. Lembar kerja peserta didik merupakan bahan ajar yang dipakai pendidik untuk menyampaikan materi. LKPD yang digunakan oleh pendidik digunakan agar peserta didik dapat secara efektif dalam menangkap materi yang diberikan. Standar Literatur Review yag idgunakan oleh peneliti sebagai sumber infomasi berjumlah 13 artikel. Tujuan dari penelitian yang dilakuka adalah untuk membahas filsafat ilmu sebagai pembentuk karakteristik pengembangan LKPD dalam pembelajaran matematika.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. N., Syabillah, D., Raizon, E. I., Prasetyawati, Y., Nur’rohim, E. W., Somakim, S., ... & Nuraeni, Z. (2021). Pengembangan lembar kerja siswa smp berbasis filsafat matematika pada materi bangun ruang kerucut. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(2), 129-141. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.5.2.129-141
Asmaranti, W., Pratama, G. S., & Wisniarti, W. (2018). Desain lembar kerja peserta didik (lkpd) matematika dengan pendekatan saintifik berbasis pendidikan karakter. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia
Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011-1024. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573
Atmaja, I. M. D. (2020). Filsafat ilmu sebagai pembentuk karakteristik pengembangan media pembelajaran matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 10(1).
Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27-34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561
Karmayanti, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran mata kuliah filsafat ilmu berbasis e-learning pada prodi ptik jurusan PTE FTUNM (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Marom, S., Lestari, S., & Rochmad, R. (2022). Pembentukan media pembelajaran berbasis computational thinking melalui pendekatan filsafat matematika. JIPMat, 7(1), 81-89.
Mubarok, M. S. (2022). Aksiologi matematika dan implikasinya dalam pembelajaran matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1). http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/1051
Rismawati, M. (2016). Mengembangkan peran matematika sebagai alat berpikir ilmiah melalui pembelajaran berbasis lesson study. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 203-215.
Rofiq, M. N. (2018). Peranan filsafat ilmu bagi perkembangan ilmu pengetahuan. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 161-175.
Simangunsong, V. H. (2021). Hubungan filsafat pendidikan dan filsafat matematika dengan pendidikan. Sepren, 2(2), 14-25.
Tarigan, R. (2021). Perkembangan matematika dalam filsafat dan aliran formalisme yang terkandung dalam filsafat matematika. Sepren, 2(2), 17-22.
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 217-225). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia