PELATIHAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING GEOGRAFI SE-SMA KOTA BANDAR LAMPUNG

Beni Lidiawati, Muhammad Nurwahidin, Riswandi Riswandi

Abstract


Bagian yang menetapkan kualitas SDM suatu negara yakni kualitas pendidikannya. Siswa pada umumnya berpendapat bahwa belajar geografi cukup menantang. Pendekatan model pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh pendidik cenderung tradisional dan baku, hanya sebatas menjelaskan materi, Dimulai dengan masalah dan menggunakan instruktur sebagai pelatihan metakognitif, Pembelajaran Berbasis Masalah diakhiri dengan presentasi dan analisis pekerjaan siswa. Tujuan dari tinjauan ini yakni guna mengajarkan orang tentang model pembelajaran berlndaskan masalah. geografi tingkat SMA Se-Kota Bandar Lampung. Metode systematic literature review (SLR) dipakai pada kaji ini. Semua artikel dan dokumentasi yang relevan dipakai pada proses pengumpulan data.Simpulan dari penelitian ini berdasakan literature yang dianalisis melalui kuantitatif dan kualitatif diketahui cara belajar problem based learning bisa diaplikasikan dan meneruskan efektivitas pada fase belajar mengajar dikelas


Full Text:

PDF

References


Belajar, H. (2017). Upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). 2(1), 42–49.

Indah, N., Mania, S., & Learning, P. B. (2016). JURNAL MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN (M a P a n) VOL. 4 NO. 2, DESEMBER 2016. 4(2), 198–210.

Nafiah, Y. N., Suyanto, W., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN THE APPLICATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE STUDENTS CRITICAL THINKING. c, 125–143.

Rahmat, E., & Barat, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Implementation of Problem Based Learning Model.

Saharsa, U. (2018). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO BASED LABORATORY TERHADAP. 6(2), 57–64.

Saputra, H. (2020). “ Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning )” “ Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) .” April. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Persepsi Mahasiswa Tentang Peran Tutor Pada Kegiatan Problem Based Learning (Pbl) Di Psik Fk Unlam. Dunia Keperawatan, 1(2), 34–42. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/JDK/article/view/3189/2737

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SMP. 7, 52–56.

Siswa, M., & Sd, K. (2018). 1,2,3). 5(April).

Sofyan, H. (2016). PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMK PROBLEM BASED LEARNING IN THE 2013 CURICULLUM. 6(3), 260–271.

Suari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. 2(3), 241–247.

Widyaningsih, S. W. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA PAD ... https://doi.org/10.24042/jipf

Yasminah, Y., & Sahono, B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 167–174. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i1.18142


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia