Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal

Median Agus Priadi, Berti Yolida, Rini Rita T. Marpaung, Eka Ayu Lailatul Istikomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal pada materi bioteknologi kelas IX. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental semu (quasy exsperiment) dengan rancangan penelitian pretest posttest kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian berjumlah 57 siswa yang diambil dari dua kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan nilai N-Gain yang selanjutnya dianalisis menggunakan independent samples t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi (0,62) dibanding kelas kontrol (0,29). Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi bioteknologi terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kearifan lokal.


Full Text:

PDF

References


Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hidayah, Nurul., Suryandari, Kartika Chrysti., Ngatman. 2017. The Use of Guided Inquiry Model In Improving The Learning Motivation Of Science On Energy And The Changing For Fifth Grade Students Of Sd Negeri Klegenwonosari In The Academic Year Of 2016/2017. Kalam Cendekia. Vol 5 (5.1): 464-469.

Nurdyansyah., Fahyuni, Eni, Fariyatul. 2016. Inovasi Model Belajar. Sidoarjo: Nizamial Learning Center.

OECD. 2018. PISA 2015 Result in Focus. New York: Columbia University.

Pranata, I G N Yudha., Arnyana, I B Putu. 2018. Pengaruh Model Pembelajarn Inkuiri Terbimbing dala Pembelajaran Biologi Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Keterampilan Proses Sains dan Karakter. Indonesian Values and Character Education Journal. Vol 1 (1): 21-30.

Pratiwi, Indah. 2019. Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 4 (1): 51-71.

Sofiannida, Leni., Utaminingsih, Sri., Su’ad. 2018. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Tema Pahlawanku Kelas IV Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 1 (2): 83-90.

Sumarni S., Santoso, Bimo Budi., Suparman, Achmad Rante. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Jurnal Nalar Pendidikan. Vol 5(1): 21-30.

Tilaar, H. A.R. 2010. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Wibowo, Agus., Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zahara, Laxmi., Ernawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kappa Journal. Vol 1 (2): 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia