Peningkatan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Interaksi Sosial Melalui Metode Pengajaran Berbasis Proyek Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Mantup

RUDY SUBIYANTORO

Abstract


Mengajar bukan semata persoalan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam benak siswa. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak akan membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan belajar aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya pengajaran berbasis tugas proyek, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar Pengetahuan Sosial setelah diterapkannya metode pengajaran berbasis tugas proyek. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII.B SMP Negeri 2 Mantup. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan II. Dari hasil analis didapatkan bahwa siklus I (71,11%), siklus II (93,33%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran tugas/proyek dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VII.B SMP Negeri 2 Mantup serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.


| Abstract views: 125 | PDF views: 125

Full Text:

PDF

References


Setiawan, I., Dedi, Suciati & A. Mushlih. 2017. Buku Paket Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017) Sejarah Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Bandung: Yrama Widya

Mustopo, M.Habib. (2016). Bared Sejarah Indonesia untuk Kelas VII. Semarang: Yudhistira.

Ali, R.M. (1963). Pengantar IlmuSejarah Indonesia. Jakarta: Bharatara.

Ismaun. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Bandung: FPIPS IKIP Bandung.

Mulyana, A. dan Gunawan, R. (2007).Sejarah Lokal: Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah.Bandung: Salamina Press

Sedyawati, E. et al. (2009). Sejarah Kebudayaan Nasional: Seni Pertunjukan dan Seni Media. Jakarta: Rajawali Pers

Abdullah, Taufik dan Abdurrachman Surjomihardjo. 1985. Ilmu Sejarah dan Historiografi; Arah dan Perspektif.Jakarta: Gramedia.

Ankersmit, F.R. 1987. Refleksi Tentang Sejarah; Pendapat-Pendapat Modern Tentang Filsafat Sejarah. Jakarta: Gramedia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia