Urgensi Kompetensi Sosial bagi Guru PAI Dalam Pembelajaaran Daring

DIFA'UL HUSNA, RENI SASMITA, ROFINGATUS SOLIKHAH, NURSIAH NURSIAH

Abstract


Dalam kondisi yang dilanda pandemi covid-19 seperti ini, kementerian pendidikan merumahkan pembelajaran tatap muka di sekolah dengan pembelajaran yang dilakukan di rumah (school from home). Dalam pembelajaran daring ini, banyak permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan orang tua siswa. Masalah yang dihadapi oleh siswa dan orang tua siswa yaitu siswa kurang memahami pembelajaran yang disampaikan oleh guru seperti pembelajaran tatap muka, guru yang tidak memahami tugas siswa samapai orang tua siswa yang tidak bisa menggunakan teknologi. Sehingga kompetensi sosial guru sangat di perlukan dalam hal mengkomunikasikan dan berinteraksi dengan siswa dan orang tua siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi kompetensi sosial bagi guru PAI dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kompetensi sosial guru sangat dibutuhkan dalam pembelajaran daring berkaitan dengan mengkomukasikan tugas yang diberikan kepada siswa dan juga dalam berinteraksi dengan orang tua siswa yang menyangkut permasalahan siswa. Sehingga tidak terdapat dinding pemisah antara guru, siswa dan orang tua siswa.

| Abstract views: 428 | PDF views: 224

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Nur Isra. " Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di MTS Negeri Model Makassar." Tesis, Program Pascasarjana UIN Alauddin, Makassar, 2014.

All Habsy, B. (2017). Seni Memahami Penelitian Kualitatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2).

Bakri. " Studi Tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI Pada SMK Negeri di Kota Makassar." Tesis, Program Pascasarjana UIN Alauddin, Makassar, 2012.

Gedviliene, G. (2012). Social Competence of Teachers and Students: The Case Study of Belgium and Lithuania.

Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science (IJES), 4(2).

Irmayanti. " Penerapan Kompetensi Kepribadian Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAIS di SMP N 5 Pitumpanua Kabupaten Wajo." Tesis, Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 2011.

Ismail, Mohamad. " Kompetensi Guru Bidang Studi Agama Islam di MAN Batudaa Kabupaten Gorontalo." Tesis, Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, 2011.

Kutsiyyah. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak. Pamekasan: Duta Media.

Muchith, M. S. (2017). GURU PAI YANG PROFESIONAL. QUALITY, 4(2), 200–217. https://doi.org/10.21043/QUALITY.V4I2.2121

Munirah, 2020. Menjadi Guru Beretika dan Profesional. Sumatra Barat: Cv. Insan Cendekia Mandiri.

E Mulyasa, Standar Kompetensi, hlm 73.

Muhammad Surya, 2006. Percikan Perjuangan guru Menuju guru profesional dan terlindung, Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Rofa’ah. (2016). Pentingya kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran dalam pepspektuf islam. DEEPBULSH (Grub Penerbit C BUDI UTAMA.

Rukhayati, S. (2020). Strategi Guru PAI Dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al-Falah Salatiga. Salatiga: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 107.

Suraji, I. (2012). Urgensi Kompetensi Guru. Forum Tarbiyah, 10(2), 246–249.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manejemen Pendidikan, 9(2), 58–64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Address:
The building I Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No. 1, Bandar Lampung City, Lampung Province, Indonesia