OPTIMALISASI PENGGUNAAN TIK TOK SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM

Dwi Rahmawati, Rahmad Bustanul Anwar, Nurul Farida, Yeni Rahmawati, Swaditya Rizki, Rr.Revani Putri Ayu Wulandari, Nisa Nursela, Laila Miftahul Jannah, Sri Utari

Abstract


UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Pada era sekarang digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menarik konsumen dengan cepat dengan jangkuan yang luas. Namun kenyataannya saat ini masih banyak UMKM yang masih memasarkan produknya belum menggunakan Digital Marketing. Hal tersebut terjadi di RW 01 Kelurahan Banjarsari Metro Utara. Dari hasil prasurvey yang dilakukan pemasaran para pelaku UMKM masih dengan cara menitip ke warung-warung dan konsumen hanya sebatas antar tetangga dan orang-orang daerah tersebut saja sehingga jangkauan pasar UMKM masih sangat kecil. Solusi yang ditawarkan bagi UMKM adalah pemberian workshop penggunaan Tiktok Sebagai Digital Marketing UMKM. Tujuan kegiatan untuk melatih UMKM dalam pembuatan dan penggunaan tiktok sebagai digital marketing. Mitra kegiatan adalah UMKM di RW 01 Kelurahan Banjarsari Metro Utara. Metode yang dilakukan adalah workshop pemberian materi Digital Marketing, pelatihan cara membuat dan mengguakan akun Digital Marketing Tik Tok, dan pendampingan menggunakan akun Digital Marketing Tik Tok. Hasil yang diperoleh adalah UMKM memiliki akun Tik Tok yang digunakan untuk melakukan pemasaran produknya.  Melalui Tik Tok Shop, UMKM dapat memperkenalkan produknya dalam jangkauan luas tidak hanya sebatas daerah tempat tinggalnya namun bisa skala nasional bahkan internasional

 

Kata Kunci: digital; marketing; tiktok; UMKM

 

Abstract

UMKM are productive businesses owned by individuals or business entities that meet the criteria as micro-enterprises. In the current era, digital marketing is a marketing strategy that attracts consumers quickly with a wide reach. However, the reality is that currently there are still many UMKM that still market their products without using Digital Marketing. This happened in RW 01 Banjarsari Metro Utara Subdistrict. From the results of the pre-survey carried out, marketing by MSME players is still done by entrusting them to stalls and consumers are limited to neighbors and people in the area, so the market reach of UMKM is still very small. The solution offered for UMKM is to present a workshop on using Tiktok as Digital Marketing for UMKM. The aim of the activity is to train UMKM in creating and using Tiktok as Digital Marketing. The activity partners are UMKM in RW 01 Banjarsari Metro Utara Subdistrict. The method used is a workshop on delivering Digital Marketing material, training on how to create and use a Tik Tok Digital Marketing account, and assistance in using a Tik Tok Digital Marketing account. The results obtained are that UMKM have a Tik Tok account which is used to market their products.

 

Keywords: digital; marketing; tiktok; UMKM

 

 

DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v4i1.hal.9-15


Keywords


Digital, marketing, tiktok, UMKM

References


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Bratadiredja, M. F. (2023). Pemanfaatan Tiktok Sebagai Digital Marketing Dalam Promosi Kuliner Bagi Pelaku Umkm. Commed Jurnal Komunikasi Dan Media, 7(2), 144–155.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media promosi industri kuliner di yogyakarta pada masa pandemi covid-19 (studi kasus akun tiktok javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.

Hayati, C. S., & Sudradjat, R. H. (2022). Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 415–426.

Murhadi, W. R., & Reski, E. C. (2022). Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan, Word Of Mouth, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Tiktok Shop (Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop). Jurnal Ilimiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 229–240.

Novita, D., Herwanto, A., Mayndarto, E. C., Maulana, M. A., & Hanifah, H. (2023). Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Media Promosi Pemasaran Dalam Bisnis Online. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2543–2550.

Pamungkas, R. T., & Djulaeka, D. (2019). Perlindungan hukum pemegang hak cipta atas lagu yang diunggah pada aplikasi tiktok. Simposium Hukum Indonesia, 1(1), 394–413.

Sulaksono, J. (2020). Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) desa tales kabupaten kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47.

Supriyanto, A., Chikmah, I. F., Salma, K., & Tamara, A. W. (2023). Penjualan Melalui Tiktok Shop dan Shopee: Menguntungkan yang Mana? BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, 1(1), 1–16.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182.

Wibowo, T., & Yudi, Y. (2021). Studi Penetrasi Aplikasi Media Sosial Tik-Tok Sebagai Media Pemasaran Digital: Studi Kasus Kota Batam. Conference on Business, Social Sciences and Technology (CoNeScINTech), 1(1), 662–669.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

           

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453