SOSIALISASI DAN PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBUATAN DESAIN PROMOSI USAHA DI PASAR KREATIF REJOMULYO TANGGUH (PAK RT)

Nurul Farida, Dwi Rahmawati, Ira Vahlia, Satrio Wicaksono Sudarman, Nego Linuhung, Rahmad Bustanul Anwar

Abstract


Introducing applications to create attractive business promotion designs for Micro, Small, and Medium Enterprises actors is important, so it is required from community service programs in the form of outreach and Utilization of the Canva Application in Making Business Promotion Designs. This service activity has the objectives of 1) providing knowledge about the benefits of the Canva application as a tool for making business promotion designs; 2) providing knowledge on how to make a business promotion design on the Canva application. The partners of this community service program are members of the Rejomulyo Tangguh Creative Market Rejomulyo Village, Metro Selatan District, Metro City, and will be held in August - October 2022. The approach taken is to conduct socialization and use the Canva application in making promotional designs. Business. From the results achieved, it can be concluded that the Socialization and Utilization of the Canva Application in Making Business Promotion Designs at the Rejomulyo Tangguh Creative Market is very useful for increasing public understanding about making business promotion designs to attract customers through the use of digital technology that can help the community to promote and market products and services widely without any distance and time limitations. With this activity, the target was achieved, namely increasing public understanding by utilizing the Canva application in making business promotion designs.

Keywords: application; canva; business promotion design; utilization  


Abstrak

Memperkenalkan aplikasi membuat desain promosi usaha yang menarik kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi hal yang penting, sehingga diperlukan dari program pengabdian masyarakat berupa sosialisasi dan Pemanfaatan aplikasi Canva dalam Pembuatan Desain Promosi Usaha. Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk 1) memberikan pengetahuan mengenai manfaat aplikasi Canva sebagai alat untuk membuat desain promosi usaha; 2) memberikan pengetahuan mengenai cara pembuatan desain promosi usaha pada aplikasi Canva. Mitra dari program pengabdian masyarakat ini adalah warga masyarakat Pasar Kreatif Rejomulyo Tangguh (PaK RT) Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Metro Selatan, Kota Metro dan dilaksanakan pada bulan Agustus - Oktober tahun 2022. Metode pendekatan yang dilakukan adalah mengadakan Sosialisasi dan Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Desain Promosi Usaha. Hasil yang dicapai, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan Sosialisasi dan Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Desain Promosi Usaha di Pasar Kreatif Rejomulyo Tangguh (Pak RT) sangat bermanfaat untuk menambah pemahaman masyarakat mengenai pembuatan desain promosi usaha untuk menarik pelanggan melalui pemanfaatan teknologi digital yang dapat membantu masyarakat untuk mempromosikan dan memasarkan produk dan jasa secara luas tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Dengan adanya kegiatan ini, tercapai target yaitu meningkatkan pemahaman masyarakat dengan memanfaatkan aplikasi Canva dalam pembuatan desain promosi usaha.

Kata Kunci: aplikasi; canva; desain promosi usaha; pemanfaatan

 

 

DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v3i1.hal.1-11


References


Ardipraditiya, F. H. (2020). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0. Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).

Ganinduto. 2021. 100 Hari Kerja Bupati Kendal dalam Digitalisasi UMKM Kendal. Artikel Kendal, hal. 2

Hafiz, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Kitabah di SMPIT Brilliant Batusangkar Kelas 7. Muhadasah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 90–105.

Indriani, U. (2021). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Berbagai Kebutuhan Desain. CSRID Journal, 13(3A), 125–134.

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel . Kebon Bawang. 1, 71–77.

Mahaldi. (2018). Content Marketing Untuk Pemula. ebooku.id.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.

Rahmadani, S. Ulya, K. Dkk. 2022. Pemanfaatan Media Sosial dalam perluasan jangkauan pasar bagi produk usaha kecil desa kuripan timur. Jurnal pengabdian megister pendidikan ipa. 5(3), 99-95.

Sholeh, M. Dkk. 2020. Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. 4(1), 430-436.

Suharto, A., Subariah, R., & Farizy, S. (2022). Pelatihan Dan Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Desain Grafis Pada Siswa Smk Saradan Tajur Halang Bogor. J.A.I: Jurnal Abdimas Indonesia, 338–342.

Yuniarti, P., Indriyani, F., & Marthanti, A. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembuatan Desain Promosi Usaha pada Karang Taruna Desa Sukaharja Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 88–95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

           

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453