PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI MATEMATIKA BERBASIS THINGLINK BAGI GURU MATEMATIKA SMA KABUPATEN PRINGSEWU

Caswita Caswita, Sugeng Sutiarso, Haninda Bharata, Rini Asnawati

Abstract


Various technological and information facilities that are now developing are no longer tertiary materials but have become necessary for everyone, including students, to own. This is undoubtedly a challenge for every teacher to be able to optimally utilize existing facilities to support the achievement of learning objectives. One of the learning technologies that can be used is technology-based learning media such as thinglink. This service aims to increase teacher knowledge in making thinglink-based presentations and skill in making thinglink-based presentations. The method used is lecture and practice. The activity targets high school mathematics teachers in Pringsewu Regency who are members of the Mathematics MGMP. This service activity will be carried out at SMAN 1 Sukoharjo, Pringsewu. This training is beneficial for mathematics teachers at Pringsewu District High School because the teachers have the knowledge and skills to make mathematical thinglink presentations after participating in this training. The training activities have also increased teachers' confidence in preparing engaging mathematical presentations.

 

ABSTRAK

Beragam fasilitas teknologi dan informasi yang kini berkembang bukan lagi menjadi bahan tersier melainkan menjadi suatu kebutuhan yang wajib dimiliki setiap orang tidak terkecuali peserta didik. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap guru untuk dapat memanfaatkan secara optimal fasilitas yang ada guna menunjang pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu teknologi pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah media pembelajaran berbasis teknologi seperti thinglink. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam membuat presentasi berbasis thinglink, dan terampil membuat presentasi berbasis thinglink.  Metode yang digunakan adalah ceramah dan praktek. Sasaran kegiatan adalah guru matematika SMA di Kabupaten Pringsewu yang tergabung dalam MGMP Matematika. Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan di SMAN 1 Sukoharjo, Pringsewu.  Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru matematika SMA Kabupaten Pringsewu, karena setelah mengikuti pelatihan ini guru memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat presentasi matematika thinglink.  Kegiatan pelatihan juga telah meningkatkan kepercayaan diri guru dalam menyusun presentasi matematika dengan menarik.

 

 

DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v2i2.hal.123-128


Keywords


matematika; presentasi; thinglink

Full Text:

PDF

References


Arnawa, I. M. 2006. Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Maha-siswa dalam Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasar-kan Teori APOS. Disertasi Dok-tor pada PPS UPI. Bandung: Ti-dak diterbitkan.

Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education.London: The Falmer Press.

Fanny, A.M. & Suadirman, S.P. 2013. Pengembangan Multimedia Inter-aktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1): 1-9. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2311

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Tea-chers of Mathematics.

Sumarmo, U. 2006. Berpikir Mate-matika Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Ma-kalah pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matema-tika FMIPA Universitas Padja-jaran. Bandung: Tidak diterbitkan.

Undang-Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta: Sek-retariat Negara RI.

Warista, B. 2008. Teknologi Pembel-ajaran, Landasan dan Aplikasi-nya. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

           

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453