Template
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELALUI PENGAJARAN CALISTUNG PADA ANAK-ANAK DI KELURAHAN BUKIT BATREM KOTA DUMAI
Abstract
This service was carried out in Bukit Batrem sub-district, East Dumai District, Dumai City, Riau Province. Bukit Batrem sub-district consists of 15 RTs, and community service is carried out at RT 007. The purpose of implementing this community service activity is to improve the reading, writing, and arithmetic skills (calistung) of low-grade elementary school children. From the results of interviews with the local community there were several children who had not been able to read, write and count well, especially in reading skills for children aged approximately 7 years. This Community Service activity is carried out using an interesting method by using learning media to increase the children's interest in learning calistung. The method used to apply the learning is direct action research method to children who have difficulty in reading, writing and arithmetic. This calistung program is carried out 5 days a week, namely for 1 hour at night. The results obtained from this community service activity are an increase in the calistung ability of children who take part in this program and an increase in their learning motivation.
Keywords: calistung; community service; teaching
Abstrak
Pengabdian ini dilaksanakan di kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Provinsi Riau. Kelurahan Bukit Batrem terdiri dari 15 RT, dan pengabdian dilaksanakan di RT 007. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) anak-anak sekolah dasar kelas rendah. Dari hasil wawancara kepada masyarakat setempat terdapat beberapa anak yang belum mampu membaca, menulis, dan menghitung dengan baik, khususnya pada keterampilan membaca bagi anak-anak yang berusia kurang lebih 7 tahun. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan metode yang menarik dengan pemanfaatan media pembelajaran guna meningkatkan minat belajar calistung anak-anak tersebut. Metode yang digunakan untuk menerapkan pembelajaran yaitu metode penelitian tindakan langsung kepada anak-anak yang kesulitan dalam membaca, menulis dan berhitung. Program calistung ini dilaksanakan 5 hari dalam seminggu yaitu selama 1 jam pada malam hari. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini yaitu terjadinya peningkatan kemampuan calistung anak-anak yang mengikuti program ini serta meningkatnya motivasi belajar mereka.
Kata Kunci: calistung; mengajar; pelayanan masyarakat
DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v3i1.hal.12-15
Full Text:
PDF (BAHASA INDONESIA)References
fauzan, Muhammad, D. (2021). Pengabdian Masyarakat Melalui Pengajaran Calsitung pada Anak-Anak di Kampung Tanjung Kait Kabupaten Tangerang. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 34(November), 98–108. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/492%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/492/434
Pertiwi, D., Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62-69.
Marlisa, L. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal ilmiah tumbuh kembang anak usia dini, 1(3), 25-38.
Faroqi, A., & Maula, B. (2014). Aplikasi multimedia interaktif pembelajaran membaca, menulis, berhitung (Calistung). JURNAL ISTEK, 8(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas Lampung. All rights reserved. p-ISSN 2807-2251| e-ISSN 2798-9453