PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) BAGI GURU BAHASA LAMPUNG JENJANG SMA Se-KOTA BANDARLAMPUNG

Tuntun Sinaga, Eka Sofia Agustina, Khoerotun Nisa Liswati

Abstract


The purpose of this community service is to improve the ability of Lampung Language Subject Teachers throughout Bandar Lampung City in managing HOTS-based learning (Higher Order Thinking Skills). The methods used in this training are lectures, questions and answers, discussions, demonstrations, and assignments. The target participants in this training are 30 teachers, but in practice, the number of participants involved in this training activity is 8 teachers. This activity was carried out at SMA YP Unila for three days in October 2021. Furthermore, this HOTS-based learning development training implemented active training, in which all participants learned through their experiences so that the planned goals could be obtained optimally. This training uses a practical approach through guided training. The results of this service indicate that the HOTS learning development training for Lampung Language Teachers shows an enthusiastic attitude and increased ability to develop HOTS-based Lampung language learning tools.

Keywords:

hots (higher order thinking skills); lampung language; learning tools


Abstrak

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan para Guru Mata Pelajaran Bahasa Lampung se-Kota Bandar Lampung dalam mengelola pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan pemberian tugas. Adapun target peserta dalam pelatihan ini adalah 30 guru, tetapi dalam pelaksanaannya jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan pelatihan ini berjumlah 8 guru. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA YP Unila dalam tiga hari pada bulan Oktober 2021. Selanjutnya, pelatihan pengembangan pembelajaran berbasis HOTS ini menerapkan pelatihan aktif, yakni seluruh peserta turut belajar melalui pengalamannya sehingga tujuan  yang telah  direncanakan  dapat  diperoleh  secara  optimal.  Pelatihan  ini  menggunakan pendekatan praktik melalui pelatihan terbimbing. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan pengembangan pembelajaran HOTS bagi Guru Bahasa Lampung menunjukkan sikap antusias dan meningkatnya kemampuan dalam menyusun perangkat pembelajaran bahasa Lampung yang berbasis HOTS.


DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v2i1.hal.48-55


Keywords


bahasa lampung; hots (higher order thinking skills); perangkat pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., & Krathwohl, R. D. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ariyana, Yoki, Ari Pudjiastuti, dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS.2018.pdf.

Hamalik, Oemar.2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayati, Arini Ulfah. (2017). Keefektifan Pendekatan PBL dan Pendekatan Saintifik Ditinjau dari HOTS dan Karakter. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. VI (1), 2018, 70-82

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155

Priyatni, E.T. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rapih, S., & Sutaryadi (2018). Perspektif Guru Sekolah Dasar Terhadap Higher Order Thinking Skills Pemahaman, Penerapan, dan Hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8 (1) 78-87. Diperoleh pada 15 April 2022, dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Sani, Ridwan. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Tangerang: Tira Smart.

Uno, Hamzah B. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

           

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453